Hubungan Motivasi Belajar Sosiologi dengan Gaya Belajar Siswa Kelas X1 SMA Negeri 9 Padang

Elviani, Roza (2012) Hubungan Motivasi Belajar Sosiologi dengan Gaya Belajar Siswa Kelas X1 SMA Negeri 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ROZA_ELVIANI_68151_2810_2012.pdf] Text
B1_4_ROZA_ELVIANI_68151_2810_2012.pdf

Download (901kB)

Abstract

Motivasi mempunyai peranan yang penting dalam proses pembelajaran. Setiap siswa mempunyai kemampuan gaya belajar sendiri. Dengan adanya motivasi baik itu yang berasal dari dalam diri siswa atau dari luar bisa menimbul
minat siswa untuk semangat dalam proses pembelajaran selama proses pembelajaran itu mereka bisa mengetahui gaya belajarnya dan tentunya siswa juga akan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan observasi yang sudah
dilakukan setiap siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Padang ini mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda satu sama lainnya, akan tetapi kurangnya motivasi dari
pihak sekolah seperti kurangnya penyediaan media – media pembelajaran yang menyebabkan mereka cepat merasa jenuh pada saat proses pembelajaran berlangsung.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya
motivasi belajar Sosiologi dengan gaya belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Padang. Manfaat penelitian adalah membantu siswa dalam menumbuhkan serta meningkatkan motivasi belajar sehingga pencapaian hasil belajar yang optimal
dapat tercapai, serta memberikan informasi bagi orang tua dan guru bagai mana caranya menumbuhkan motivasi belajar mereka sesuai dengan kemampuannya masing – masing.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 Jurusan IS sebanyak 110. Sampel diambil secara proportsional random sampling didapatkan sampel sebanyak 33 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan Quisioner atau angket. Teknik analisa data yang digunakan antara lain uji normalitas dengan rumus Liliefors, dan uji hipotesis dengan rumus korelasi product-moment.Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar Sosiologi dengan gaya belajar siswa yaitu dengan nilai
rhitung 0,653, dan rtabel 0,344. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran sosiologi
penulis hendak menyarankan beberapa hal yaitu: siswa harus mengetahui carabelajarnya karena cara belajar itu penting dalam proses pembelajaran untuk itu juga dibutuhkan motivasi dan dorongan dari orang tua dan guru.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:13
Last Modified: 24 Jun 2025 06:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14589

Actions (login required)

View Item
View Item