Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rambatan Tahun Pelajaran 2011/2012

Asera, Roza Gusti (2012) Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rambatan Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ROZA GUSTI ASERA_01846.pdf] Text
B1_4_ROZA GUSTI ASERA_01846.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Rambatan menuntut guru untuk memilih pendekatan, metode, model dan media pembelajaran yang sesuai. Salah satunya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dengan pemberian tugas rumah. Dengan
pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa serta hasil belajar siswa juga meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas rumah dalam model pembelajaran kooperatif tipe examples non
examples terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Rambatan tahun pelajaran 2011/2012.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized control-group postest only design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Rambatan yang
terdaftar pada tahun 2011/2012, sedangkan sampel adalah kelas X 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa seperangkat tes hasil belajar yang dilakukan di akhir penelitian dengan data yang diolah dengan uji t. Berdasarkan uji hipotesis yang digunakan pada taraf nyata α=0,05 didapatkan harga t
hitung 2,91 dan t tabel 1,67 pada derajat kebebasan 62. Dengan demikian t hitung > ttabel, yang berarti hipotesis dapat diterima. Dari hasil penelitian,diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih tinggi (75,15) daripada kelas kontol (68,17) dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pemberian tugas rumah dalam model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples
terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Rambatan tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:13
Last Modified: 24 Jun 2025 06:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14585

Actions (login required)

View Item
View Item