Amsar, Sriyani (2020) Pengembangan Video sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS SMAN 1 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_SRIYANI_AMSAR_16058054_18_2021.pdf [thumbnail of B1_4_SRIYANI_AMSAR_16058054_18_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_SRIYANI_AMSAR_16058054_18_2021.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan sebuah produk pengembangan
berupa media pembelajaran berbasis video mengenai materi integrasi sosial yang
layak digunakan dari segi validitas, praktikalitas dan efektivitas. Pengembangan
media video ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis pada
mata pelajaran sosiologi kelas XI. Media pembelajaran berbasis video dirasa cukup
efektif digunakan, karena mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap daya tarik
siswa untuk mempelajari kompetensi yang diajarkan. Jenis penelitian yang digunakan
adalah Reserch and Development (R&D). Model yang digunakan adalah model
pengembangan ADDIE milik Dick and Carry. Uji coba produk dilakukan pada siswa
kelas XI SMAN 1 Payakumbuh dengan jumlah 33 peserta didik. Kelayakan produk
ini dari segi validitas telah diuji oleh dua orang ahli media dan 1 orang ahli materi.
Terakhir untukmenguji keefektifan media didapatkan dari perbandingan t-hitung > t
tabel yang artinya media pembelajaran berbasis video efektif digunakan sebagai
media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa pada
mata pelajaran sosiologi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 06:13 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 06:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14584 |