Jauhari, Musi (2016) Kontribusi Kreativitas dan Interaksi Guru dan Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Instrumentasi Kelas X Teknik Audio SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_MUSI_JAUHARI_1102093_3023_2016.pdf [thumbnail of B1_5_MUSI_JAUHARI_1102093_3023_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_MUSI_JAUHARI_1102093_3023_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran Teknik Instrumentasi, dimana sekitar 46% siswa mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian adalah untuk mengungkapkan Kontribusi Kreativitas dan Interaksi Guru dan Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Instrumentasi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) terdapat kontribusi krativitas terhadap hasil belajar, 2) terdapat kontribusi interaksi guru dan siswa terhadap hasil belajar, 3) terdapat kontribusi kreativitas dan interaksi guru dan siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Penelitian ini melibatkan 49 responden siswa SMK Negeri 5 Padang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 96 orang dan sampel berjumlah 49 orang siswa kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 5 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple random sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran Teknik Instrumentasi SMK Negeri 5 Padang. Sedangkan data kreativitas siswa dan interaksi guru dan siswa dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Data dianalisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel 2013. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Kreativitas memberikan kontribusi sebesar 22,2% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 5 Padang; (2) Interaksi guru dan siswa memberikan kontribusi sebesar 32,2% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 5 Padang; (3) Kreativitas dan Interaksi guru dan siswa secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 34,3% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 5 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jadi dapat disimpulkan bahwa Kreativitas dan Interaksi guru dan siswa berkontribusi terhadap hasil belajar, semakin tinggi kreativitas siswa dalam proses belajar mengajar dan semakin baik interaksi guru dan siswa, maka hasil belajar akan semakin tinggi
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas dan interaksi guru dan siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 03:16 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 03:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14575 |