Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Padang

Jelani, Rara Utrilla (2011) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RARA UTRILA JELANI_86281_2012.pdf] Text
B1_5_RARA UTRILA JELANI_86281_2012.pdf

Download (805kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa masih rendahnya hasil pembelajaran fisika siswa di SMA Negeri 8 Padang. Rendahnya hasil belajar diantaranya disebabkan oleh kelemahan siswa dalam mengkaitkan materi lama dengan materi yang baru. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut di atas adalah dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Advance Organizer terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas X SMA Negeri 8 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Kelas sampel ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tertulis untuk ranah kognitif dan lembar observasi untuk ranah afektif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif dan ranah afektif . Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan untuk ranah kognitif dan afektif dipeoleh hasil sebagai berikut; rata-rata hasil pembelajaran ranah kognitif untuk kelas eksperimen sebesar56,71 dan kelas kontrol sebesar55.67 dengan uji statistik uji t didapatkan thitung = 3,03 dan t tabel = 1,67. Begitu juga dengan ranah afektif, didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen 71.89 dan kelas kontrol yaitu 64.96, sedangkan nilai thitung = 2,46 dan t tabel = 1,67. Dengan demikian dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari penerapan model pembelajaran Advance Organizer terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang pada taraf kepercayaan 95%

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER, HASIL BELAJAR FISIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 24 Jun 2025 02:09
Last Modified: 24 Jun 2025 02:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14557

Actions (login required)

View Item
View Item