Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa Bernuansa Pendekatan Saintifik dalam Model Pembelajaran Prediction, Observation, and Explanation (POE) Terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Siswa Kelas VII di SMPN 34 Padang

Wahyuni, Mulia (2016) Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa Bernuansa Pendekatan Saintifik dalam Model Pembelajaran Prediction, Observation, and Explanation (POE) Terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Siswa Kelas VII di SMPN 34 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_MULIA_WAHYUNI_1201433_3276_2016.pdf] Text
B1_5_MULIA_WAHYUNI_1201433_3276_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kompetensi IPA siswa. Salah satu penyebabnya ialah kurangnya pemahaman dan ketertarikan siswa dalam pelajaran IPA karena lembar kerja siswa yang digunakan belum dapat menciptakan daya pikir dan rasa ingin tahu siswa terhadap materi pelajaran. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menggunakan lembar kerja siswa bernuansa pendekatan saintifik dalam model pembelajaran Prediction, Observation, and Explanation (POE) yang diharapkan mampu menggali gagasan awal yang dimiliki siswa sehingga membangkitkan rasa ingin tahu terhadap materi pelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menyelidiki pengaruh penggunaan lembar kerja siswa bernuansa pendekatan saintifik dalam model Prediction, Observation, and Explanation (POE) terhadap pencapaian kompetensi IPA siswa kelas VII SMP Negeri 34 Padang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment Research) dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMPN 34 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian adalah kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah anggota sampel yang sama. Data penelitian meliputi tiga kompetensi yaitu kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap, dan kompetensi keterampilan. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi sikap untuk kompetensi sikap, dan lembar penilaian kinerja untuk kompetensi keterampilan. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05.
Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut pada kompetensi pengetahuan yaitu 76,39 dan 66,49, pada kompetensi sikap yaitu 79,95 dan 73,53, dan pada kompetensi keterampilan yaitu 84,305 dan 79,89. Data untuk kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen, sehingga dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai thitung untuk kompetensi pengetahuan yaitu 2,912, kompetensi sikap yaitu 2,52, dan kompetensi keterampilan ialah 2,57 dengan nilai ttabel = 1,67. Jadi dapat disimpulkan bahwa nilai uji t kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan berada di luar penerimaan Ho. Dengan demikian hipotesis kerja yang berbunyi terdapat pengaruh yang berarti dari penerapan lembar kerja siswa bernuansa pendekatan saintifik dalam model Prediction, Observatoin, and Explanation (POE) terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII SMPN 34 Padang diterima

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 23 Jun 2025 09:36
Last Modified: 23 Jun 2025 09:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14541

Actions (login required)

View Item
View Item