Fauzan, Muhammad Adil (2015) Hubungan Kecanduan Game Online dengan Hasil Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_MUHAMMAT_ADIL_FAUZAN_18033_985_2015.pdf [thumbnail of B1_5_MUHAMMAT_ADIL_FAUZAN_18033_985_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_MUHAMMAT_ADIL_FAUZAN_18033_985_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kecanduan game online dalam penelitian merupakan suatu keadaan di mana individu lebih menyukai bermain game online yang meninggalkan kehidupan nyata seperti sekolah, makan, belajar, beribadah, bersosialisasi dengan orang lain. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan internet yang digunakan siswa untuk bermain game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan game online dengan hasil belajar siswa SMA Adabiah 2 Padang.
Penelitian ini berbentuk korelasional, populasi siswa kelas X, XI, dan XII SMA Adabiah 2 Padang, yang terdaftar tahun 2014/2015. Jumlah sampel sebanyak 33 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik snowball sampling dan purposive sampling. Instrumen yang digunakan angket kecanduan game online. Data dianalisis dengan menggunakan teknik Spearman Correlation melalui program statistik SPSS for windows release 20.0.
Hasil penelitian mengungkapkan terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan game online dengan hasil belajar siswa dengan tingkat korelasi kuat. Besar r hitung yaitu -0,766 yang berada pada taraf signifikansi 0,000 yang artinya adalah semakin tinggi tingkat kecanduan bermain game online seseorang, maka semakin rendah hasil belajar yang diperolehnya.
Implikasi dari penelitian dalam bimbingan dan konseling adalah diharapkan guru BK dapat menyusun program kegiatan pelayanan Bimbingan dan Konseling berkaitan dengan kecanduan game online melalui layanan BK, materi yang dapat diberikan terkait dengan kecanduan game online antara lain adalah, peningkatan kemampuan untuk mengontrol waktu permainan game online, pengendalian diri, cara mengatasi depresi dan solusinya, manajemen waktu, cara mengatur kegiatan sehari-hari, membina hubungan baik dengan teman sebaya, kemampuan menyelesaikan konflik, cara memanfaatkan waktu senggang dan lain sebagainya. Pemberian materi dapat dilakukan dengan menggunakan teknik klasikal, kelompok, maupun secara individu sesuai dengan kebutuhan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 09:36 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 09:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14538 |