Zukir, Muhammad (2013) Pengaruh LKS Terintegrasi Materi Bencana Gempabumi pada Konsep Elastisitas dan Getaran terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) di Kelas XI SMA N 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_MUHAMMAD_ZUKIR_96889_977_2013.pdf [thumbnail of B1_5_MUHAMMAD_ZUKIR_96889_977_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_MUHAMMAD_ZUKIR_96889_977_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa Kota Padang berada di daerah
yang berpotensi mengalami bencana gempabumi sehingga dibutuhkan penanaman
sikap siaga terhadap bencana gempabumi. Mata pelajaran fisika merupakan salah satu
mata pelajaran yang dapat diintegrasikan dengan bencana gempabumi khususnya
pada materi elastisitas dan getaran. Pembelajaran fisika yang menggunakan LKS
dalam model pembelajaran Problem Based Instuction (PBI) dapat mendorong peserta
didik untuk memahami fakta, konsep, dan prinsip fisika yang terintegrasi materi
bencana gempabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKS
terintegrasi materi bencana gempabumi pada konsep elastisitas dan getaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu (Quasi
Eksperimental Research). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI
IPA di SMAN 1 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2012/2013. Sampel ditentukan
melalui teknik Cluster Random Sampling. Kelas yang terpilih menjadi kelas sampel
adalah kelas XI IPA 6 dan XI IPA 7. Instrumen penelitian adalah soal objektif pada
ranah kognitif, lembar observasi pada ranah afektif, dan lembar observasi pada ranah
psikomotor. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah
menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada ranah kognitif
untuk kelas eksperimen adalah 84,89 dan kelas kontrol adalah 78,70. Uji hipotesis
tentang kesamaan dua rata-rata nilai siswa pada ranah kognitif menggunakan statistik
uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Nilai rata-rata siswa pada ranah afektif untuk
kelas eksperimen adalah 71,43 dan kelas kontrol adalah 67,70. Uji hipotesis tentang
kesamaan dua rata-rata nilai siswa pada ranah afektif menggunakan statistik uji t
juga menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Selanjutnya, nilai rata-rata siswa pada ranah
psikomotor untuk kelas eksperimen adalah 79,26 dan kelas kontrol 74,67. Uji
hipotesis tentang kesamaan dua rata-rata nilai siswa pada ranah psikomotor
menggunakan statistik uji t juga menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Kesimpulan
penelitian adalah hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh LKS
terintegrasi materi bencana gempabumi pada konsep elastisitas dan getaran terhadap
hasil belajar siswa dalam pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) di kelas XI
SMA N 1 Padang dapat diterima pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 09:36 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 09:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14537 |