Pendapat Siswa tentang Pelaksanaan Layanan Informasi Karir oleh Guru BK: Studi Deskriptif di SMK Negeri 2 Padang

Iqbal, Muhammad (2016) Pendapat Siswa tentang Pelaksanaan Layanan Informasi Karir oleh Guru BK: Studi Deskriptif di SMK Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_MUHAMMAD_IQBAL_1100542_3665_2016 .pdf] Text
B1_5_MUHAMMAD_IQBAL_1100542_3665_2016 .pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan layanan informasi karir hal-hal yang perlu diperhatikan adalah strategi, metode, tujuan, materi dan media sehingga layanan informasi karir yang diberikan dapat dipahami dan dimengerti oleh siswa dengan baik. Kenyataan di lapangan, layanan informasi karir yang diberikan guru Bimbingan dan Konseling (guru BK) belum optimal. Hal ini terlihat dari: materi layanan informasi karir yang diberikan kurang menarik bagi siswa, siswa tidak paham akan materi layanan informasi karir yang telah disajikan, waktu pemberian layanan informasi karir relatif singkat, dan metode layanan informasi karir yang dipilih/digunakan guru BK kurang menarik, sehingga siswa mengantuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pendapat siswa tentang pelaksanaan layanan informasi karir oleh guru BK di SMK N 2 Padang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu memberikan gambaran secara sistematis dan akurat tentang keadaan objek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMK N 2 Padang berjumlah 805 orang, dengan sampel sebanyak 89 orang diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian mengungkapkan: (1) siswa berpendapat materi layanan informasi karir yang diberikan guru berada pada kategori baik. (2) siswa berpendapat metode layanan informasi karir berada pada kategori cukup baik. (3) siswa berpendapat media yang digunakan guru BK berada pada kategori baik. (4) siswa berpendapat waktu yang digunakan dalam pemberian informasi berada pada kategori cukup baik. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan agar guru BK memilih materi yang aktual dan bermanfaat, penggunaan media yang beragam dan menarik perlu ditingkatkan, metode pelaksanaan layanan informasi karir agar lebih beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa dalam berkarir

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 23 Jun 2025 07:28
Last Modified: 23 Jun 2025 07:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14528

Actions (login required)

View Item
View Item