Pembuatan Bahan Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter pada Materi Kinematika dan Dinamika Benda Titik untuk Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA

Oktavia, Rani (2013) Pembuatan Bahan Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter pada Materi Kinematika dan Dinamika Benda Titik untuk Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RANI_OKTAVIA_12731_877_2013.pdf] Text
B1_5_RANI_OKTAVIA_12731_877_2013.pdf

Download (845kB)

Abstract

Pendidikan nasional bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, baik secara intelegensi maupun karakter. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan memberi kebebasan kepada sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan nasional tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah. Dalam hal ini guru dituntut untuk mampu mengembangkan perangkat pembelajaran sendiri, salah satunya adalah bahan ajar. Sesuai dengan tuntutan pendidikan karakter maka saat ini dibutuhkan bahan ajar yang bisa membantu guru menanamkan nilai karakter-karakter baik kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahan ajar bermuatan nilai-nilai karakter pada materi kinematika dan dinamika benda titik, menentukan tingkat kevalidan bahan ajar yang dihasilkan, dan menentukan hasil uji coba kepraktisan dan keefektivan bahan ajar yang dihasilkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Tahap disseminate tidak dilakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba terbatas bahan ajar yang dikembangkan. Rancangan bahan ajar yang telah didesain divalidasi oleh lima orang ahli, kemudian dilakukan uji coba terbatas di Kelas X.7 Madrasah Aliyah Negeri 2 Payakumbuh untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas bahan ajar yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, telah dihasilkan bahan ajar bermuatan nilai-nilai karakter pada materi kinematika dan dinamika benda titik untuk pembelajaran fisika kelas X SMA/MA dalam bentuk bahan ajar cetak dengan komponen- komponennya meliputi cover, pendahuluan, petunjuk belajar, informasi pendukung, peta materi, kompetensi, materi pelajaran, contoh soal, latihan- latihan, Lembar Kerja Siswa (LKS), soal evaluasi, kunci jawaban evaluasi, dan balikan evaluasi. Kedua, bahan ajar memiliki validitas tinggi dengan nilai rata-rata dari tenaga ahli 84,45. Ketiga, nilai hasil uji coba terbatas menunjukkan bahan ajar fisika bermuatan nilai-nilai karakter sangat praktis dan efektif digunakan di dalam pembelajaran. Nilai praktikalitas bahan guru fisika sebagai praktisi adalah 87,33, sedangkan nilai praktikalitas menurut siswa adalah 92,43. Nilai keefektifan bahan ajar ditunjukkan oleh nilai rata-rata angket siswa sebesar 86,20, dan hasil belajar siswa. Melalui uji-t terhadap hasil belajar siswa didapatkan ttabel sebesar 2,04 dan thitung sebesar 11,93 yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBUATAN BAHAN AJAR, PEMBELAJARAN FISIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 23 Jun 2025 07:13
Last Modified: 23 Jun 2025 07:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14520

Actions (login required)

View Item
View Item