Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Padang

Winanda, Randi (2015) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RANDI_WINANDA_1507_2015.pdf] Text
B1_5_RANDI_WINANDA_1507_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Teknik Listrik di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menerapkan metode pembelajaran Contextual Teacjing and Learning dengan model pembelajaran Kooperatif pada mata pelajaran Teknik Listrik kelas X Teknik Audio Video semester ganjil SMK Negeri 1 Padang Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen . Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas kontrol adalah XAV B menggunakan model pembelajaran kooperatif dan kelas eksperimen adalah XAV A menggunakan model pembelajaran Contextual Teacjing and Learning.Teknik pengumpulan data dari nilai akhir hasil belajar, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 79,6, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 77,4. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung< ttabel yaitu (1,024 < 1,85), karena thitung kecil dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teacjing and Learning lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 23 Jun 2025 07:11
Last Modified: 23 Jun 2025 07:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14512

Actions (login required)

View Item
View Item