Yusli, Muhammad Ahya Ansyari (2015) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi Terhadap Hasil Belajar Teknik Elektronika Dasar Siswa Kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_MUHAMMAD_AHYA_ANSYARI_YUSLI_18658_2247_2015.pdf [thumbnail of B1_5_MUHAMMAD_AHYA_ANSYARI_YUSLI_18658_2247_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_MUHAMMAD_AHYA_ANSYARI_YUSLI_18658_2247_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigasi dengan model pembelajaran Kooperatif pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar kelas X Teknik Elektronika semester ganjil SMK Negeri 1 Sumatera Barat Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas kontrol adalah X TAV menggunakan model pembelajaran kooperatif dan kelas eksperimen adalah X Mekatronika menggunakan model pembelajaran tipe Group Investigasi.Teknik pengumpulan data dari nilai akhir hasil belajar, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 81,01, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 71,76. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (6,05 > 1,676), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigasi lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, model pembelajaran Group Investigasi , model pembelajaran koperatif |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:10 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 07:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14508 |