Hanesty, Ebnovrio (2016) Perilaku Prososial Siswa terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi dan Implikasi bagi Layanan Bimbingan Konseling. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_EBNOVRIO_HANESTY_1100539_1576_2016.pdf [thumbnail of B1_5_EBNOVRIO_HANESTY_1100539_1576_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_EBNOVRIO_HANESTY_1100539_1576_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Setiap individu berpotensi berperilaku prososial, termasuk siswa dalaminteraksinya di sekolah. Adanya keberadaan siswa berkebutuhan khususbersekolah bersama siswa normal, memungkinkan perilaku prososial siswatersalurkan. Namun mengingat kecenderungan kenakalan usia remaja disertaifenomena-fenomena ketidakpositifan perlakuan siswa terhadap siswaberkebutuhan khusus, perkembangan perilaku prososial siswa dipertaruhkan. Olehkarena itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perilaku prososial siswaterhadap siswa berkebutuhan khusus yang mencakup aspek: berbagi, kemurahanhati, pemberian pertolongan, kejujuran, persahabatan, dan pertimbangan hak dankesejahteraan siswa berkebutuhan khusus.Penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif yang mendeskripsikan secarakuantitas perilaku prososial siswa terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolahinklusi SMA N 7 Padang. Responden penelitian adalah siswa yang sekelas dengansiswa berkebutuhan khusus sebanyak 29 siswa yang berlandaskan pada teknikpurposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket instrumenpenelitian model Skala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisisPersentase.Berdasarkan hasil penelitian, perilaku prososial siswa terhadap siswaberkebutuhan khusus di sekolah inklusi SMA N 7 Padang secara keseluruhandidapatkan gambaran baik, dengan detail aspek: berbagi baik, kemurahan hatibaik, pemberian pertolongan baik, kejujuran baik, persahabatan sangat baik, danpertimbangan hak dan kesejahteraan siswa berkebutuhan khusus baik. Selanjutnyaimplikasi bagi layanan bimbingan konseling diperlukan guna mempertahankandan mengembangkan perilaku prososial siswa terhadap siswa berkebutuhankhusus sebagai acuan dalam melakukan penyusunan program layanan terkait:informasi (persoalan kemurahan hati), penguasaan konten (persoalan berbagi),konseling perorangan (persoalan pemberian pertolongan), bimbingan kelompok(persoalan pertimbangan hak dan kesejahteraan siswa berkebutuhan khusus),maupun konseling kelompok (persoalan kejujuran).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PROSOSIAL SISWA, SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS, SEKOLAH INKLUSI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:10 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 07:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14507 |