Fauzi, Muhammad (2012) Pengembangan Kamus Fisika Digital Bergambar untuk SMA Kelas X Semester I Menggunakan Software Delphi 7.0. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_Muhammad Fauzi_73133_2012.pdf [thumbnail of B1_5_Muhammad Fauzi_73133_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_Muhammad Fauzi_73133_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran Fisika di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) mesti didukung oleh sumber belajar berbahasa Inggris berbasis ICT. Salah satu alternatif sumber belajar yang dapat digunakan untuk memahami istilah fisika dalam bahasa Inggris adalah kamus fisika digital bergambar. Penelitian untuk mengembangkan Kamus Fisika Digital Bergambar menggunakan Delphi 7.0 perlu dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menghasilkan Kamus Fisika Digital Bergambar yang baik dengan tingkat validitas yang tinggi, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran Fisika berbasis KTSP di RSBI.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen sebelum-sesudah yang diterapkan pada objek penelitian. Sebagai objek penelitian ada dua yaitu Kamus Fisika Digital Bergambar dan siswa kelas X.2 R-SMA-BI 10 Padang yang berjumlah 29 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: lembar validasi tenaga ahli, lembar penilaian guru, lembar uji kepraktisan, dan tes hasil belajar. Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah teknik mendeskripsikan, metode grafik, analisis deskriptif, dan analisis perbandingan berkorelasi.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian. Pertama, desain Kamus Fisika Digital Bergambar untuk kelas X semester 1 memiliki halaman pembuka, halaman utama, dan halaman penutup. Kedua, desain Kamus Fisika Digital Bergambar yang dihasilkan memiliki validitas tinggi dengan persentase dari tenaga ahli 84,49% dan guru Fisika 84,71%. Ketiga, revisi setelah validasi dilakukan pada halaman pembuka, halaman utama, dan kolom “Hasil pencarian”. Keempat, penggunaan Kamus Fisika Digital Bergambar dalam pembelajaran berbasis KTSP di R-SMA-BI adalah praktis. Kelima, penggunaan Kamus Fisika Digital Bergambar dalam pembelajaran berbasis KTSP adalah efektif yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar kognitif siswa secara signifikan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sumber belajar, kamus fisika, bergambar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:10 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 07:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14504 |