Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Regina, Monika Gusti (2012) Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_MONIKA GUSTI REGINA_57644_2012_4830.pdf] Text
B1_5_MONIKA GUSTI REGINA_57644_2012_4830.pdf

Download (954kB)

Abstract

Keberhasilan belajar dapat dicapai jika siswa berpartisipasi aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu upaya dalam mengaktifkan siswa yaitu dengan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diajarkan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan dan meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dengan bantuan Word Square menggunakan media Video Tutorial. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan di SMA N 1 Pulau Punjung, minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran TIK masih kurang sehingga proses pembelajaran berjalan tidak efektif.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperimen yang menggunakan model pretest-posttest design. Untuk membandingkan minat belajar siswa yang menggunakan model pengajaran langsung (Direct Instruction) dengan pembelajaran kooperatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA N 1 Pulau Punjung yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan yang menjadi sampel adalah kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 kelas kontrol yang masing-masing kelompok terdiri dari 30 siswa. Kompetensi Dasar untuk kedua kelas adalah menggunakan perangkat lunak pengolah kata. Data dalam penelitian ini berasal dari minat belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan bantuan program SPSS (Statistic Product And Service Solution) versi 16.
Dari penelitian ini ditemukan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan bantuan Word Square menggunakan media Video Tutorial dengan minat belajar siswa yang menggunakan model pengajaran langsung (Direct Instruction) menggunakan media Video Tutorial. Dengan demikian dapat disimpulkan Pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan bantuan Word Square menggunakan media Video Tutorial memberikan pengaruh yang berarti terhadap minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran TIK di SMA N 1 Pulau Punjung

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Direct Instruction, Think-Pair-Share, Word Square, SPSS (Statistic Product And Service Solution
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 23 Jun 2025 07:09
Last Modified: 23 Jun 2025 07:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14502

Actions (login required)

View Item
View Item