Ismael, Monica Mardhiyah (2015) Penggunaan Internet di Kalangan Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_MONICA_MARDHIYAH_ISMAEL_54186_1916_2015.pdf [thumbnail of B1_5_MONICA_MARDHIYAH_ISMAEL_54186_1916_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_MONICA_MARDHIYAH_ISMAEL_54186_1916_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kelebihan dalam mengakses globaldapat menjadikan internet memiliki peranan tersendiri, karena internet dapat menfasilitasi beragam sumber belajar yang dibutuhkan siswa.Seperti yang terlihat, banyak siswa yang mendapatkan ilmu dengan bantuan internet, tugas-tugas sekolah pun kini terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet.Dan banyak juga siswa yang sudah fasih dengan manfaat dan kegunaan situs-situs tertentu.Mereka juga dengan mudahnya googling untuk mencari tugas dari sekolah.Selain mempermudah tugas sekolah, internet juga membantu siswa untuk mengembangkan diri.Mereka bisa tahu tentang info pelajar, info lomba, dan pelajar juga dapat menggunakan internet untuk membuka wawasan dan memperluas pergaulan mereka.Mereka dapat berteman dengan siapa saja dan dari mana saja. Tujuan penelitian ini adalahmendeskripsikan penggunaan internet di kalangan siswa yang rinciannya yaitu (1) digunakan untuk kepentingan belajar,(2) digunakan untuk kepentingan pertemanan, (3) digunakan untuk kepentingan hiburan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa Kelas XI SMA Negeri 13 Padang sebanyak 350 orang, dengan sampel 78 orang yang dipilih dengan teknik Purposivesampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif.
Temuan penelitian adalah penggunaan internet di kalangan siswa sebagian besar berada pada kategori sedang dengan rincian (1) Penggunaan internet di kalangan siswa untuk kepentingan belajarsebagian besar banyak memilih kadang-kadang dengan persentase 34,85%. Artinya internet cukup berguna bagi siswa untuk kepentingan belajar, seperti mencari informasi, mencari sumber dan untuk mengirim dan menerima bahan pelajaran melalui email, (2) penggunaan internet di kalangan siswa untuk kepentingan pertemanansebagian besar banyak memilih kadang-kadang dengan persentase 24,45%.Artinya internet cukup berguna untuk kepentingan pertemanan, dengan cara mengakses facebook, mengakses twitter, dan mengakses instagram untuk menambah pertemanan dan mempererat tali silaturahmi dengan teman baru maupun teman yang sudah lama tidak bertemu. (3) penggunaan internet di kalangan siswa untuk kepentingan hiburansebagian besar banyak memilih kadang-kadang dengan persentase 26,41%.Artinya internet cukup berguna untuk kepentingan hiburan, seperti menonton youtube, mengakses berita di detik.com dan bermain game online.
Berdasarkan temuan penelitian ini guru BK/Konselor sangat diharapkan dapat memperhatikan penggunaan internet dikalangan siswa agar meminimalisir kemungkinan siswa terindikasi mempergunakan internet dalam hal negatif. Selain itu, hendaknya guru BK/Konselor memberikan layanan yang sesuai kepada siswa tentang penggunaan internet yang baik dan sehat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:09 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 07:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14501 |