Vathia, Mona (2012) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here dan Demonstrasi Berbantu Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran TIK Kelas XI SMA Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_MONA_VATHIA_00680_2608_2012.pdf [thumbnail of B1_5_MONA_VATHIA_00680_2608_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_MONA_VATHIA_00680_2608_2012.pdf
Download (708kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan di lapangan yaitu di SMA Negeri 3 Pariaman masih ada siswa kelas XI IA yang memperoleh hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal pada mata pelajaran Teknik Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ditetapkan sekolah yaitu 75 dengan rentang 0 – 100. Banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah model pembelajaran yang kurang inovatif dan kurang dimanfaatkannya media pembelajaran.Untuk itu dilakukan Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here dan Demonstrasi Berbantu Video Tutorial bertujuan agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan untuk mengingkatkan motivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen yang berjenis quasi experimental design dengan model random terhadap subjek (randomized Control Group Only), dimana populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IA SMA Negeri 3 Pariaman TP. 2011/2012. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan software Microsoft Excel dan manual untuk uji homogenitas, normalitas, dan uji hipotesis. Dari hasil tes penelitian didapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here yaitu 80,00, sementara siswa yang menggunakan Model Pengajaran Langsung lebih rendah yaitu 74,81. Hasil uji hipotesis didapati bahwa berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung (2,32) > ttabel (1,67). Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan sebesar 5%, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari pada Model Pengajaran Langsung
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here, Demonstrasi Berbantu Video Tutorial, Quasi Experimental Design, Hasil Belajar, Randomized Control Group Only |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:09 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 07:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14499 |