Persepsi Siswa tentang Guru Idola dalam Kaitannya dengan Kompetensi Guru dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling: Studi Deskriptif di SMA N 1 Padang

Yusmasari, Mona (2012) Persepsi Siswa tentang Guru Idola dalam Kaitannya dengan Kompetensi Guru dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling: Studi Deskriptif di SMA N 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_MONA YUSMA SARI _04178_6586_2012.pdf] Text
B1_5_MONA YUSMA SARI _04178_6586_2012.pdf

Download (877kB)

Abstract

Guru idola adalah guru yang dapat menerapkan semua kompetensi yang diharapkan kepadanya secara baik dan dirasakan oleh siswa siswinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana persepsi siswa tentang guru idola dalam kaitannya dengan kompetensi guru yaitu kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan mengungkap persepsi siswa tentang guru idola dalam kaitannya dengan kompetensi guru. Sampel dari penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Padang kelas XI tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 148 orang dari 239 orang populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Instrumen penelitian adalah angket berskala, kemudian diolah dengan menggunakan teknik statistik sederhana (teknik persentase).
Hasil penelitian mengungkap bahwa: 1) persepsi siswa tentang guru idola ditinjau dari kompetensi profesional berada pada kategori sangat baik, 2) persepsi siswa tentang guru idola ditinjau dari kompetensi pedagogik berada pada kategori sangat baik, 3) persepsi siswa tentang guru idola ditinjau dari kompetensi sosial berada pada kategori sangat baik 4) persepsi siswa tentang guru idola ditinjau dari kompetensi kepribadian berada pada kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan agar guru lebih meningkatkan kompetensi-kompetensi yang harus dimilikinya terutama kompetensi kepribadian karena siswa sangat mengidolakan guru yang memiliki kepribadian yang menyenangkan. Bagi kepala sekolah diharapkan untuk lebih memperhatikan dan mengingatkan guru agar terus meningkatkan kompetensi yang dimilikinya sehingga tercipta hubungan yang menyenangkan antara guru dan siswa baik di dalam maupun di luar kelas. Hubungan yang menyenangkan akan membuat siswa menjadi bersemangat dan senang dalam mengikuti kegiatan belajar. Bagi guru pembimbing agar dapat mensosialisasikan hasil penelitian kepada seluruh guru dengan tujuan agar guru mengetahui seperti apa guru yang diidolakan oleh siswa serta hal ini juga merupakan bentuk kerja sama antara guru pembimbing dengan dengan guru lainnya di sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 23 Jun 2025 04:51
Last Modified: 23 Jun 2025 04:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14487

Actions (login required)

View Item
View Item