Oktaviana, Raisa (2013) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment dibantu Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII MTsN Muara Bungo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RAISA_OKTAVIANA_86247_5914_2013.pdf [thumbnail of B1_5_RAISA_OKTAVIANA_86247_5914_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RAISA_OKTAVIANA_86247_5914_2013.pdf
Download (541kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar siswa, disebabkan metode yang digunakan metode ceramah sehingga kurangnya aktitivitas belajar dan interaksi selama pembelajaran berlangsung. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran concept attaintment yang dibantu dengan LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran concept attainment dibantu LKS terhadap hasil belajar IPA - fisika siswa kelas VIII MTsN Muara Bungo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas VIII MTsN Muara Bungo yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Kelas sampel ditentukan melalui teknik Cluster Sampling. Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif, lembar observasi untuk ranah afektif dan rublik penskoran untuk ranah psikomotor. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Hasil penelitian yang diperoleh pada ranah kognitif adalah rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 81,47 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 76,59. Pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 75,93 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 70,75. Pada ranah spikomotor diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 82,3 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 78,14. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran concept attainment dibantu lembar kerja siswa memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa baik pada ranah kognitif ,ranah afektif dan ranah psikomotor terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa kelas VIII MTsN Muara Bungo.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT, HASIL PEMBELAJARAN FISIKA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 04:46 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 04:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14460 |