Seftina, Rahmi (2014) Pembuatan Multimedia Fisika Online untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VIII. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RAHMI_SEFTINA_05077_1757_2014.pdf [thumbnail of B1_5_RAHMI_SEFTINA_05077_1757_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RAHMI_SEFTINA_05077_1757_2014.pdf
Download (551kB)
Abstract
Pembelajaran IPA di SMP N 1 Padang membutuhkan media pembelajaran yangmenjadikan pembelajaran interaktif, inspiratif,menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Selain itu, kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis ICT dibutuhkan agar tercipta proses pembelajaran yang sesuai menurut standar proses dalam permendiknas RI nomor 41 tahun 2007. Kenyataan yang ditemukan adalah minimnya jenis, jumlah, dan pemanfaatan media pembelajaran mengggunakan ICT terutama yang berbasis internet. Salah satu alternatif adalah membuat multimedia fisika online. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia fisika online yang valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPApada SMP N 1 PADANG. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Objek penelitian adalah multimedia fisika online dan siswa kelas VIII CSMP N 1 Padang yang berjumlah 24 orang. Prosedur penelitian meliputi mengenal potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, mendesain produk, menvalidasi desain, memperbaiki desain, dan menguji coba produk. Instrumen pengumpul datapenelitian adalah lembar validasi, lembar uji kepraktisan, dan hasil belajar. Analisis produk dilakukan dengan mendeskripsikan, sedangkan analisis data ada tiga yaitu: skala Linkert, analisis statistik deskriptif dan analisis perbandingan berkorelasi. Berdasarkan analisis data produk dapat dikemukakan empat hasil penelitian. Pertama, multimedia fisikaonline terdiri dari materi pelajaran, latihan dan tugas, test, game, serta quiz.Kedua, multimedia fisikaonline yang dihasilkan memiliki nilai validitas yang tinggi dengan nilai rata-rata dari validasi dosen 87,94. Ketiga, pelaksanaan multimedia fisika online pada pembelajaran IPA didapatkan nilai rata- rata dari tanggapan guru 88,50 dan nilai rata-rata dari tanggapan siswa 78,15. Keempat, multimedia fisika online efektif dilaksanakan pada pembelajaran IPA kelas VIII SMP N 1 Padang .
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MULTIMEDIA ONLINE, ICT, PEMBELAJARAN IPA, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:20 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14447 |