Sulistyorini, Dwi Wulandari (2014) Masalah Belajar dan Kebutuhan Siswa terhadap Layanan BK di SMA N 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DWI_WULANDARI_SULISTYORINI_96098_4225_2014.pdf [thumbnail of B1_5_DWI_WULANDARI_SULISTYORINI_96098_4225_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DWI_WULANDARI_SULISTYORINI_96098_4225_2014.pdf
Download (671kB)
Abstract
Dalam proses pelaksanaan belajar dan mengajar adanya masalah belajar yangdialami siswa yaitu masalah internal dan masalah eksternal. Siswa yang mengalamimasalah belajar tidak akan tercapai hasil belajar yang memuaskan. Masalah yangdialami siswa memiliki cara beragam dalam menyelesaikannya. Salah satu caramenyelesaikan masalah belajar dengan pelayanan bimbingan dan konseling.Kenyataannya ditemukan ada beberapa siswa di SMA N 8 Padang yang mengalamimasalah belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan bagaimana masalahbelajar dan kebutuhan siswa terhadap layanan BK.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampelpenelitian ini adalah siswa SMA N 8 Padang dengan jumlah 123 orang. Instrumenyang digunakan dalam penelitian ini berupa angket tertutup dan angket terbuka. Datayang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik presentase melalui bantuanprogram Microsoft Office Excel.Temuan penelitian mengungkapkan: (1) masalah internal belajar siswa yangpaling dominan adalah motivasi belajar, mengolah bahan belajar, dan konsentrasibelajar; dan (2) masalah eksternal belajar siswa yang paling dominan adalah saranaprasarana dan faktor guru; dan (3) siswa membutuhkan layanan bimbingan dankonseling terkait masalah belajar yang dialaminya yaitu layanan informasi, layananpenguasaan konten, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok, danlayanan konseling perorangan.Dari hasil penelitian yang diperoleh, maka disarankan kepada siswa di SMAN 8 Padang yang mengalami agar dapat meningkatkan kemauan dan motivasi dalambelajar, serta dapat memanfaatkan dan menggunakan layanan BK dalam membantumengentaskan masalah belajar sehingga tercapai keberhasilan dalam belajar. Kepadaguru BK di SMA N 8 Padang terkait dengan motivasi belajar siswa, guru BKmemberikan bimbingan secara kontiniu baik di dalam kelas dan di luar kelassehingga siswa dapat terarah dalam meningkatkan motivasinya. Serta terkait denganmengolah bahan belajar, guru BK dapat memberikan layanan penguasaan konten agarsiswa dapat mengolah bahan belajar yang dipelajarinya. Kepada guru mata pelajaranagar dapat mengevaluasi cara mengajar serta melakukan kerjasama dengan guru BK.Kepada pimpinan sekolah memberikan perhatian yang ekstra terhadap permasalahanyang dialami siswa yang berkenaan dengan sarana prasarana. Peneliti selanjutnyaperlu mengambil guru BK sebagai sampel agar dapat melengkapi penelitian yangterkait dengan masalah belajar dan kebutuhan siswa terhadap layanan BK.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BELAJAR,LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:18 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14432 |