Ramadhani, Dwi Putri (2019) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bermuatan Literasi Saintifik Pada Materi Besaran dan Pengukuran Serta Vektor untuk Kelas X SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DWI_PUTRI_RAMADHANI_15033101_3511_2019.pdf [thumbnail of B1_5_DWI_PUTRI_RAMADHANI_15033101_3511_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DWI_PUTRI_RAMADHANI_15033101_3511_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan abad 21 menuntut terciptanya sumber daya manusia yangberkualitas. Keterampilan yang ditekankan adalah siswa memiliki kemampuanberpikir kritis dan pemecahan masalah, berkomunikasi dan bekerjasama, menciptadan memperbarui, dan kemampuan literasi. Upaya pemerintah dalam menjawabtuntutan pendidikan abad 21 yaitu dengan menerapkan kurikulum 2013 revisi2017. Kenyataan di sekolah menunjukkan pembelajaran fisika belum terlaksanadengan baik, salah satunya literasi siswa masih tergolong rendah. Salah satu solusiyang dapat dilakukan adalah mengembangkan bahan ajar fisika bermuatan literasisaintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitasbahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik.Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D).Objek pada penelitian ini adalah bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik padamateri besaran dan pengukuran serta vektor. Sumber data dari penelitian inididapatkan dari hasil uji validitas dan uji praktikalitas bahan ajar. Hasil validasididapatkan dari tiga orang dosen fisika UNP dan hasil kepraktisan didapatkan dariguru fisika kelas X dan siswa kelas X SMAN 1 Nan Sabaris serta SMAN 4Pariaman. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar ujivaliditas untuk menentukan validitas produk dan lembar uji praktikalitas untukmenentukan kepraktisan produk. Teknik analisis data yang digunakan yaituanalisis statistik deskriptif terhadap hasil validasi dan kepraktisan produk.Berdasarkan analisis data dari penelitian yang dilakukan didapatkan duahasil penelitian dari produk yang dikembangkan. Pertama, bahan ajar fisikabermuatan literasi saintifik pada materi besaran dan pengukuran serta vektormemiliki nilai validitas yang sangat tinggi dengan nilai rata-rata validasi 88,73.Kedua, penggunaan bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik pada materibesaran dan pengukuran serta vektor memiliki nilai praktikalitas sangat tinggidengan nilai rata-rata kepraktisan menurut guru sebesar 91,11 dan menurut siswasebesar 87,38. Jadi, kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahanajar fisika bermuatan literasi saintifik pada materi besaran dan pengukuran sertavektor adalah valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAHAN AJAR FISIKA, LITERASI SAINTIFIK |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:17 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 07:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14429 |