Dewi, Hasni (2015) Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak melalui Permainan Tebak Lagu dengan Menggunakan Alat Musik di PAUD Melati Kids, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_HASNI_DEWI_58761_446_2015.pdf [thumbnail of B1_4_HASNI_DEWI_58761_446_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_HASNI_DEWI_58761_446_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat peningkatan kemampuan anak dalam mengenal lagu dari nada-nada awalnya saja, menyanyikan kalimat-kalimat pendek dalam bentuk melodi, dan menyanyikan lagu dengan nada yang teratur.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Melati Kids, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, alat pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan analisis data menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian menyatakan bahwa kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun dapat meningkat melalui permainan tebak lagu. Berdasarkan temuan dapat disimpulkan bahwa: (1) Peningkatan kecerdasan musikal anak dalam mengenal lagu dari nada-nada awalnya saja meningkat pada kategori mampu melalui permainan tebak lagu. Ini terlihat dari nilai rata-rata pada masing-masing pernyataan meningkat pada setiap pertemuannya. Hal ini membuktikan bahwa melalui permainan tebak lagu dapat meningkatkan kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun (2) Peningkatan kecerdasan musikal anak dalam menyanyikan kalimat-kalimat pendek dalam bentuk melodi meningkat pada kategori mampu melalui permainan tebak lagu. Ini terlihat dari nilai rata-rata pada masing-masing pernyataan meningkat pada setiap pertemuannya. Hal ini membuktikan bahwa melalui permainan tebak lagu dapat meningkatkan kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun. (3) Peningkatan kecerdasan musikal anak dalam menyanyikan lagu dengan nada teratur, meningkat pada kategori mampu melalui permainan tebak lagu. Ini terlihat dari nilai rata-rata pada masing-masing pernyataan meningkat pada setiap pertemuannya. Hal ini membuktikan bahwa melalui permainan tebak lagu dapat meningkatkan kecerdasan musikal. Untuk itu peneliti menyarankan agar pendidik dan lembaga PAUD dapat menyelenggarakan permainan Tebak Lagu dalam pembelajaran sebagai suatu upaya peningkatan kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Dan orang tua juga bisa memberikan fasilitas agar anak dapat lebih banyak mengenal lagu-lagu anak yang ada, sehingga anak lebih mudah dalam kegiatan tebak lagu ini
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:13 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 07:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14416 |