Ridwan, Ridwan (2013) Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Modifikasi Pembelajaran (Studi PTK Penjasorkes di SMPN 18 Pekanbaru). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_1_RIDWAN_92608_31_2014.pdf
Download (780kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Penjasorkes. Untuk itu diperlukan suatu penelitian tindakan kelas dengan tujuan utnuk meningkatkan aktivitas belajar. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas VIII.1 SMP Negeri 18 Pekanbaru Riau semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian terdiri dari tiga siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan teknik observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini adalah "penerapan Modifikasi Pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasamani, Olahraga, dan Kesehatan di kelas VIII.1 SMP Negeri 18 Pekanbaru tahun pelajaran 2009/2010". Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan Aktivitas Belajar Siswa yang ditandai dengan aktifnya semua siswa melakukan gerakan sesuai dengan panduan yang diberikan, penerapan modifikasi gerakan dan penguasaan gerakan oleh siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan modifikasi pembelajaran dalam mata pelajaran Penjasorkes dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di kelas VIII.1 SMP Negeri 18 Pekanbaru Riau.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar Siswa; Modifikasi Pembelajaran; Studi PTK Penjasorkes; Sekolah Menengah Pertama |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 09:00 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 09:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/144 |