An Analysis of Language Play in Written Advertisements

Levina, Suzia (2012) An Analysis of Language Play in Written Advertisements. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_SUZIA_LEVINA_64162_2197_2012.pdf] Text
B1_4_SUZIA_LEVINA_64162_2197_2012.pdf

Download (371kB)

Abstract

Permainan bahasa diciptakan sebagai cara untuk menarik perhatian dalam
berkomunikasi dan juga sebagai cara untuk menyampaikan sebuah maksud
dengan cara yang menarik. Karena itulah penggunaan sebuah permainan bahasa
juga digunakan untuk tujuan professional seperti periklanan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui permainan bahasa yang ada pada iklan
terulis beserta makna semantiknya. Karena, dalam periklanan cetak, keterbatasan
efek audio visual menjadikan bahasa yang digunakan merupakan komponen yang
diperhatikan. Sebab itulah, permainan-permainan bahasa digunakan untuk
membuat iklan lebih menarik, menciptakan pencitraan, kehalusan dan
keharmonian.
Data dalam penelitian ini diambil dari iklan tertulis yang terdapat didalam
3 majalah wanita, Elle, Female, dan Bazaar. Data dikumpulkan dari periode April
sampai pada periode Juli 2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalak teknik penelitian deskriptif. Pengambilan data didasarkan pada iklan yang
mengandung permainan bahasa didalamnya. Setelah itu, data dianalisa
berdasarkan klsifikasi jenis permainan bahasanya dan juga berdasarkan makna
semantiknya.
Data yang ditemukan adalah sebanyak 43 iklan yang menggunakan
permainan bahasa menurut teori Mcloughin dan 57 data permainan bahasa dalam
bahasa figuratif (majas). Data dianalisa berdasarkan pada tipe permainan bahasa
dan juga makna yang menyertainya. Dari hasil analisa tipe yang muncul adalah
rhyme yang mendominasi sebanyak (18), disusul oleh intertextuality (9), pun (6),
aliteration (4) superlative (3), nominalization (2), dan tipe contraction (1).
Sedangkan jenis makna yang terdapat dalam permainan bahasa tersebut adalah
conotative yang mendominasi sebanyak (14), conceptual dan afective masing
masing (11), collocative(3), reflective(2), dan jenis social beserta tematik masing
masing muncul (1) kali.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 20 Jun 2025 07:24
Last Modified: 20 Jun 2025 07:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14358

Actions (login required)

View Item
View Item