Zulfani, Rahmatika (2014) Pembuatan Bahan Ajar Mobile E-learning Berbasis Inquiry untuk Pembelajaran Fisika Kelas X SMAN 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RAHMATIKA_ZULFANI_54931_2277_2014.pdf [thumbnail of B1_5_RAHMATIKA_ZULFANI_54931_2277_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RAHMATIKA_ZULFANI_54931_2277_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penggunaan teknologi komunikasi dan informasi dalam dunia pendidikan sangat pesat. Hal ini, didukung dengan banyaknya sumber belajar yang dikembangkan berbasiskan teknologi, web dan untuk keperluan interaksi manusia seperti pembelajaran e-learning. Namun, dalam proses pembelajaran masih banyak guru yang tidak memanfaatkan perangkat teknologi sehingga pembelajaran yang berlangsung dirasa kurang menarik serta minimnya media pembelajaran ketika belajar mandiri tanpa tatap muka dengan guru baik dikelas maupun dirumah. Seiring dengan perkembangan teknologi telekomunikasi dan perangkat mobile dikenal adanya pembelajaran mobile e-learning. Mobile e-learning merupakan pembelajaran yang merujuk pada penggunaan perangkat genggam seperti:PDA, handphone dll. Diharapkan dengan pembelajaran ini dapat memberikan motivasi kepada siswa untuk mampu belajar sepanjang hayat. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar mobile e-learning untuk pembelajaran fisika kelas X semester 1 yang valid, praktis dan efektif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model 4-D dengan langkah : 1) Tahap Define ; 2) Tahap Design; 3)Tahap Develop; dan 4)Tahap Dessiminate. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi tenaga ahli, lembar uji kepraktisan menurut guru fisika, lembar uji kepraktisan menurut siswa dan uji efektifitas berupa tes hasil belajar. Hasil instrumen yang didapat dianalisis menggunakan Skala likert dan Metoda grafik. Sementara itu hasil uji efektivitas berupa hasil belajar siswa melalui pretes dan postes dianalisis menggunakan statistik t-tes berkolerasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat dikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, Telah dihasilkan bahan ajar mobile e-learning berbasis inquiry yang valid, praktis dan efektif serta dapat digunakan dalam pembelajaran fisika di SMAN 3 Padang. Kedua, bahan ajar mobile e-learning berbasis inquiry untuk pembelajaran fisika kelas X semester 1 dan semester 2 yang dikembangkan adalah valid dengan nilai rata-rata dari tenaga ahli 84,47. Ketiga, bahan ajar mobile e- learning berbasis inquiry praktis dengan nilai rata-rata uji kepraktisan 86,89 dengan kriteria kepraktisan baik. Hasil perhitunganan alisis t-test berkorelasi untuk hasil uji efektifitas bahan ajar diperoleh nilai thitung = -21,72 dan nilai ttabel = 1,68. Nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel. Hal ini, menyatakan bahwa bahan ajar mobile e- learning berbasis inquiry efektif digunakan dalam pembelajaran fisika kelas X SMA
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBUATAN BAHAN AJAR MOBILE E-LEARNING |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 02:28 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 02:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14357 |