Rizaldi, Rachmat (2013) Pengaruh Strategi Penemuan Terbimbing Berbantukan LKS terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII di SMPN 24 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RAHMAT_RIZALDI_01932_2802_2013.pdf [thumbnail of B1_5_RAHMAT_RIZALDI_01932_2802_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RAHMAT_RIZALDI_01932_2802_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Rendahnya pencapaian kompetensi IPA Fisika siswa diprediksi karena kurang efektifnya strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran yang harus dilaksanakan dalam pembelajaran fisika hendaknya banyak melibatkan dan mendorong keaktifan belajar siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dipandang efektif untuk mengatasi permasalahan adalah strategi penemuan terbimbing berbantukan LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi penemuan terbimbing berbantukan LKS terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa kelas VIII di SMPN 24 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimen Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013 kecuali kelas VIIIA yang merupakan kelas unggul. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIIIB dan kelas VIIID. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk aspek kognitif, lembar observasi untuk aspek afektif, dan rubrik penskoran untuk aspek psikomotor. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen pada ranah kognitif adalah 70,5 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 62,58, pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77,93 dan kelas kontrol adalah 70,45, pada ranah psikomotor diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77,13 dan kelas kontrol adalah 72,96. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji t, pada ranah kognitif diperoleh thitung= 2,51, pada ranah afektif diperoleh thitung= 7,69, pada ranah psikomotor diperoleh thitung = 4,27, dan ttabel= 1,67 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung > ttabel sehingga Ho ditolak..Hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan yang berarti terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan adanya perbedaan yang signifikan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penerapan strategi penemuan terbimbing berbantukan LKS terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa kelas VIII di SMPN 24 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TEGI PENEMUAN TERBIMBING, HASIL BELAJAR IPA FISIKA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 02:23 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 02:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14356 |