Fedri, Dira Julian (2015) Konsep Diri Akademik Mahasiswa: Studi Deskriptif terhadap Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2013. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DIRA_JULIAN_FEDRI_54173_984_2015.pdf [thumbnail of B1_5_DIRA_JULIAN_FEDRI_54173_984_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DIRA_JULIAN_FEDRI_54173_984_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena perlunya konsep diri akademik dalamdunia pendidikan yang terdapat dalam proses pembelajaran. Selain itu,ditemukannya mahasiswa yang memiliki konsep diri akademik yang rendah,ditandai dengan tidak mandiri dalam mengerjakan tugas. Tujuan penelitian iniadalah mendeskripsikan konsep diri akademik mahasiswa yang rinciannya yaitu(1) mendeskripsikan konsep diri akademik mahasiswa ditinjau dari aspekmotivasi, (2) mendeskripsikan konsep diri akademik ditinjau dari aspek orientasitugas, (3) mendeskripsikan konsep diri akademik ditinjau dari aspek pemecahanmasalah, (4) mendeskripsikan konsep diri akademik ditinjau dari aspekkeanggotaan di dalam kelas.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif denganpendekatan deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa BK angkatan 2013FIP UNP, dengan sampel 83 orang yang dipilih dengan teknik Simple RandomSampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Data dianalisis dengan teknikstatistik deskriptif menggunakan bantuan komputer.Temuan penelitian adalah konsep diri akademik mahasiswa sebagian besarberada pada kategori sedang dengan rincian (1) konsep diri akademik mahasiswaditinjau dari aspek motivasi sebagian besar berada pada kategori tinggi, (2)konsep diri akademik ditinjau dari aspek orientasi tugas sebagian besar beradapada kategori sedang, (3) konsep diri akademik ditinjau dari aspek pemecahanmasalah sebagian besar berada pada kategori sedang, (4) konsep diri akademikditinjau dari aspek keanggotaan di dalam kelas sebagian besar berada padakategori sedang.Implikasi hasil penelitian dapat diberikan oleh pembimbing akademik dalammembentuk konsep diri akademik yang tinggi serta perlu diberikan pemahamantentang pentingnya konsep diri akademik yang tinggi oleh pembimbing akademikserta faktor pendukung lain yang membentuk konsep diri akademik seperti temandan keluarga, kedekatan hubungan dengan keluarga akan mempengaruhi konsepdiri akademik mahasiswa serta pengaruh dari teman-teman karena pengaruhteman sangat kuat dalam periode remaja dapat melalui layanan bimbingan dankonseling antara lain, layanan informasi, layanan konseling lindividual, layananbimbingan dan konseling kelompok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KONSEP DIRI, BIMBINGAN DAN KONSELING |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 01:37 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 01:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14342 |