Hubungan Penerimaan Diri dengan Keterbukaan Diri Siswa

Rahmawati, Dini (2015) Hubungan Penerimaan Diri dengan Keterbukaan Diri Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DINI_RAHMAWATI_1100570_4408_2015.pdf] Text
B1_5_DINI_RAHMAWATI_1100570_4408_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa berinteraksi dengan orang lain.Interaksi antar manusia satu dengan manusia lain ditentukan oleh bagaimanamanusia tersebut mengungkapkan dirinya. Dalam membuka diri kepada orang lainsiswa harus menerima dirinya terlebih dahulu. Tujuan penelitian ini adalah (1)mendeskripsikan gambaran penerimaan diri siswa SMK Negeri 1 Painan (2)mendeskripsikan gambaran keterbukaan diri siswa SMK Negeri 1 Painan (3)menguji apakah terdapat hubungan antara penerimaan diri dan keterbukaan dirisiswa di SMK Negeri 1 Painan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifkorelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Painansebanyak 360 siswa. Jumlah sampel sebanyak 78 siswa. Adapun teknik pengambilansampel dengan cara Proportional Random Sampling. Analisis data menggunakanrumus Pearson Product Moment dengan bantuan program Statistical Product andService Solution for Windows Release 17.0 untuk melihat hubungan antara variabel Xdan variabel Y. Temuan penelitian mengungkapkan (1) penerimaan diri siswa beradapada kategori cukup baik (2) keterbukaan diri siswa berada pada kategori cukupbaik. (3) terdapat hubungan yang signifikan antara penerimaan diri denganketerbukaan diri siswa dengan indeks korelasi sebesar 0,650 dan tarafsignifikansi 0,00 dengan tingkat hubungan cukup. Berdasarkan temuan penelitiandisarankan: (1) guru BK membantu siswa dalam mengembangkan dan meningkatkanketerbukaan diri dengan cara memberikan layanan yang terkait dengan keterbukaandiri, seperti layanan konseling perorangan, layanan informasi, layanan bimbingankelompok dan layanan konseling kelompok. (2) orangtua, dapat mengenali potensiyang ada pada diri anak, memahami, dan menyediakan waktu agar anak dapatbertukar pikiran maupun menceritakan permasalahan yang dialaminya. (3) bagipeneliti selanjutnya, melalui penelitian ini diharapkan bisa menjadi pedoman danacuan untuk meneliti lebih lanjut khususnya mengenai faktor-faktor yangmempengaruhi keterbukaan diri siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENERIMAAN DIRI, PENERIMAAN DIRI
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 19 Jun 2025 09:08
Last Modified: 19 Jun 2025 09:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14340

Actions (login required)

View Item
View Item