Rahmadani, Riska (2016) Sekolah Lentera Bagi Anak Keluarga Pemulung: Studi Kasus Anak Keluarga Pemulung di Kelurahan Padang Sarai Kecamatan Koto Tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_RISKA_RAHMADANI_1100243_6156_2016.pdf [thumbnail of B1_4_RISKA_RAHMADANI_1100243_6156_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_RISKA_RAHMADANI_1100243_6156_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Sekolah Lentera yang didirikan oleh relawan Deen Give Foundation (DGF)
bertujuan membantu pemerintah untuk menuntaskan buta aksara di kota Padang.
Siswa Sekolah Lentera berasal dari keluarga tidak mampu dan keluarga pemulung.
Pembelajaran yang dilakukan di Sekolah Lentera kepada siswa pemulung berbeda
dalam segi metode dan materinya dengan sekolah pada umumnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran siswa
pemulung di Sekolah Lentera. Penelitian ini menggunakan teori konvergensi yang
dikemukakan oleh William Louis yang menjelaskan bahwa perkembangan seseorang
akan dipengaruhi oleh bakat yang dibawa sejak lahir dan lingkungan sekitar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe
penelitian studi kasus. Untuk pemilihan informan dilakukan cara purposive sampling
(sampel tujuan). Informan berjumlah 36 orang yang terdiri dari 16 pendidik 9 siswa
pemulung 3 siswa bukan pemulung 3 warga sekitar dan 5 orang tua siswa pemulung.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi pasif dan wawancara mendalam. Data
dianalisis dengan model interaktif analisis yang dikemukakan oleh Milles dan
Huberman melalui langkah-langkah yaitu: mereduksi data, mendisplay data, dan
penarikan kesimpulan.
Temuan di lapangan menunjukkan bahwa ada tiga pola yang diterapkan pendidik Sekolah Lentera kepada Siswa pemulung dalam proses pembelajaran yaitu:
(1) belajar sambil bermain meliputi kegiatan pembelajaran dengan permainanpermainan kecil saat belajar (2)pembentukan
kepribadianyang terdiri dari usaha belajar disiplin, belajar percaya diri dan belajar sikap tenggang rasa (3)
pengembangan bakat dan kreativitas meliputi kegiatan membuat barang-barang bermanfaat dari barang bekas dan belajar berkebun.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 08:31 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 08:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14334 |