Anggela, Mila (2013) Pengembangan Buku Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter pada Usaha dan Momentum untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_MILA_ANGGELA_12733_864_2013.pdf [thumbnail of B1_5_MILA_ANGGELA_12733_864_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_MILA_ANGGELA_12733_864_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penyelenggaraan pendidikan karakter menjadi program prioritas
pembangunan saat ini di seluruh jenjang pendidikan. Pendidikan karakter
seharusnya dilaksanakan secara integratif kedalam Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP). Dalam KTSP guru dituntut untuk mampu mengembangkan
sumber belajar sendiri. Salah satu sumber belajar menurut Depdiknas adalah buku
ajar. Buku ajar yang digunakan olah siswa belum memuat nilai-nilai karakter
sehingga media untuk melatih karakter yang ada dalam diri siswa belum tersedia.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengembangkan buku ajar yang
terintegrasi nilai-nilai karakter. Pengintegrasian nilai-nilai karakter kedalam materi
fisika dapat dilakukan dengan cara menggali nilai-nilai karakter yang terdapat
dalam materi fisika tersebut. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk
menghasilkan buku ajar bermuatan nilai-nilai karakter pada materi usaha dan
momentum untuk pembelajaran fisika, khususnya untuk materi Fisika kelas XI
semester 1 yang memiliki deskripsi baik, valid, praktis, dan efektif. Penelitian
yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). Sebagai
objek penelitian yaitu Buku Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter untuk kelas XI
semester 1 SMA pada materi Usaha dan Momentum dan subjek uji coba adalah
siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Batang Anai. Instrumen pengumpul data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah: lembar validasi tenaga ahli, lembar uji
kepraktisan menurut guru Fisika, lembar uji kepraktisan menurut siswa, dan tes
hasil belajar. Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah teknik
mendeskripsikan, skala Likert, analisisstatistik deskriptif, dan analisis
perbandingan berkorelasi.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasil
penelitian. Pertama, Buku Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter sangat valid
dengan nilai rata-rata dari tenaga ahli 92,05. Kedua, desain buku ajar bermuatan
nilai-nilai karakter ini meliputi: cover, menu utama, petunjuk belajar, peta konsep,
kompetensi yang akan dicapai, content atau isi materi pelajaran, informasi
pendukung, contoh soal, latihan-latihan, lembar kerja, tugas rumah, evaluasi,
kunci jawaban, respon balikan dan daftar pustaka. Ketiga, hasil uji kepraktisan
penggunaan buku ajar sangat praktis dengan nilai 92,08 untuk hasil tanggapan
guru dan 91,13 untuk hasil tanggapan siswa. Sedangkan hasil uji efektifitas buku
ajar berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap data hasil pre-test dan post-test
siswa diperoleh nilai thitung = 13,26 dan ttabel = 1,73. Nilai thitung lebih besar
daripada ttabel, hal ini menyatakan bahwa buku ajar bermuatan nilai-nilai karakter
efektif digunakan dalam implementasi pembelajaran fisika menurut KTSP
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 07:24 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 07:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14307 |