Kontribusi Interaksi Guru-Siswa Dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Komputer Jaringan pada Mata Diklat Perakitan dan Setting Ulang Personal Computer (PC) di SMKN 8 Padang

Hidayat, Rahmat (2011) Kontribusi Interaksi Guru-Siswa Dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Komputer Jaringan pada Mata Diklat Perakitan dan Setting Ulang Personal Computer (PC) di SMKN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RAHMAT_HIDAYAT_57063_2011.pdf] Text
B1_5_RAHMAT_HIDAYAT_57063_2011.pdf

Download (321kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. KKM yang ditetapkan untuk mata diklat Perakitan dan Setting Ulang Personal Computer (PC) di SMKN 8 Padang adalah ≥ 70 dengan rentang nilai 0 - 100. Kenyataan di lapangan bahwa 59,72% siswa memperoleh nilai di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap besarnya kontribusi interaksi guru-siswa dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata diklat Perakitan dan Setting Ulang Personal Computer (PC) di SMKN 8 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden mengenai interaksi guru-siswa dan motivasi berprestasi pada mata diklat Perakitan dan Setting Ulang Personal Computer (PC) melalui pengisisan angket, sedangkan data sekunder adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata diklat Perakitan dan Setting Ulang Personal Computer (PC). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 8 Padang jurusan Teknik Komputer Jaringan yang berjumlah 67 orang. Sedangkan pengambilan sampel penelitian menggunakan metoda Proportional Random sampling yaitu pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak dan proporsional (sebanding). Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 16.0. Hasil pengolahan data didapatkan (1) Hipotesis pertama, hasil analisis uji-t didapat thitung sebesar 5,653 sedangkan ttabel sebesar 2,023 dengan df = n - 2 pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan thitung > ttabel, berarti terdapat kontribusi yang signifikansi antar variabel dengan r 2 (r square) sebesar 0,450 atau KP = 45% (2) Hipotesis kedua, hasil analisis uji-t didapat thitung sebesar 2,162 sedangkan ttabel sebesar 2,023 dengan df = n - 2 pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan thitung > ttabel, berarti terdapat kontribusi yang signifikan antar variabel dengan r 2 (r square) sebesar 0,107 atau KP = 10,7% (3) Hipotesis ketiga, dari analisis diperoleh F hitung sebesar 16,204 sedangkan F tabel sebesar 3,245 dengan df2 = n-k-1, pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan F hitung > F tabel , berarti terdapat kontribusi yang signifikan antar variabel dengan R2 (R square) sebesar 0,460 atau KP = 46%. Dengan demikian hipotesis penelitian ini dinyatakan diterima dan teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: INTERAKSI GURU-SISWA, MOTIVASI BERPRESTASI
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 19 Jun 2025 07:24
Last Modified: 19 Jun 2025 07:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14303

Actions (login required)

View Item
View Item