Ogelve, Fortuna Khaerani Nabella (2013) Pengaruh Penerapan Strategi Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan LKS terhadap Kompetensi Fisika Siswa di Kelas X SMA Negeri 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_FORTUNA_KHAERANI_NABELLA_OGELVE_05068_5837_2013.pdf [thumbnail of B1_5_FORTUNA_KHAERANI_NABELLA_OGELVE_05068_5837_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_FORTUNA_KHAERANI_NABELLA_OGELVE_05068_5837_2013.pdf
Download (518kB)
Abstract
Strategi pembelajaran Creative Problem Solving merupakan salah satu strategi
pembelajaran yang diperkirakan efektif untuk mengatasi permasalahan pembelajaran
fisika di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan
Strategi Creative Problem Solving (CPS) berbantuan LKS terhadap kompetensi fisika
siswa di kelas X SMA Negeri 6 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua siswa kelas X di SMA N 6 Padang yang terdaftar tahun
ajaran 2012/2013. Sampel ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling, kelas
yang terpilih menjadi kelas sampel adalah kelas X 6 yang terdiri atas 31 siswa dan X
7 yang terdiri atas 31 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal
objektif untuk ranah kognitif dan lembar observasi untuk ranah afektif dan
psikomotor. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05
untuk ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.
Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai rata-rata siswa pada ranah kognitif
untuk kelas eksperimen adalah 77,16 dan kelas kontrol adalah 71,61. Uji hipotesis
tentang kesamaan dua rata-rata nilai siswa pada ranah kognitif menggunakan statistik
penguji t menunjukkan bahwa tHitung < -ttabel. Nilai rata-rata siswa pada ranah afektif
untuk kelas eksperimen adalah 82,32 dan kelas kontrol adalah 77,90. Nilai rata-rata
siswa pada ranah psikomotor untuk kelas eksperimen adalah 83,29 dan kelas control
adalah 79,16. Uji hipotesis tentang kesamaan dua rata-rata nilai siswa pada ranah
afektif dan psikomotor menggunakan statistik penguji t juga menunjukkan bahwa
tHitung < -ttabel. Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan bahwa
terdapat pengaruh yang berarti dalam penerapan strategi creative problem solving
berbantuan LKS terhadap kompetensi fisika siswadi kelas X SMA N 6 Padang dapat
diterima pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 04:51 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 04:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14302 |