Kontribusi Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Sikap Kreatif Siswa terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Solok

Rosadi, Fitrina Yuli (2011) Kontribusi Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Sikap Kreatif Siswa terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FITRINA_YULI_ROSADI_94263_2011.pdf] Text
B1_5_FITRINA_YULI_ROSADI_94263_2011.pdf

Download (273kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota
Solok terlihat hasil belajar pada mata pelajaran TIK masih rendah, yaitu sebanyak
61,88 % berada dibawah standar ketuntasan yang ditetapkan sekolah yaitu 75.
Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar, diantaranya adalah pemanfaatan
fasilitas penunjang pendidikan yang disediakan sekolah seperti pemanfaatan
internet sebagai sumber belajar dan sikap kreatif siswa. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengungkapkan besarnya kontribusi pemanfaatan internet sebagai
sumber belajar dan sikap kreatif siswa terhadap hasil belajar TIK siswa kelas XI
SMA Negeri 1 Kota Solok ditinjau dari faktor pemanfaatan internet sebagai
sumber belajar dan sikap kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan
deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 223 orang dan
sampel penelitian berjumlah 70 orang. Untuk menentukan ukuran sampel
digunakan rumus Taro Yamane dalam Riduwan (2009:65) dan teknik
pengambilan sampel digunakan teknik Proposional random sampling.
Pengumpulan data menggunakan angket dengan pengukuran skala likert 1-5.
Sebelum digunakan angket diuji coba terlebih dahulu, validitas butir diuji dengan
menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas angket diuji
dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Kemudian data tersebut diolah
dengan menggunakan program SPSS 17.0. Teknik Analisa data terdiri dari uji
persyaratan analisis data, deskripsi data, uji hipotesis, dan penentuan koefisien
kontribusi. Uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas menggunakan uji One
Sample Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas menggunakan uji analisis varian,
uji linearitas menggunakan Tes for linearity. Untuk mendeskripsikan data
digunakan teknik analisa statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian
digunakan teknik korelasi sederhana dan uji t pada hipotesis pertama dan hipotesis
kedua serta analisis korelasi berganda dan uji F pada pengujian hipotesis ketiga.
Untuk melihat besar koefisien kontribusi digunakan rumus koefisien determinan.
Hasil analisa data menunjukan bahwa terdapat kontribusi pemanfaatan internet
sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar sebesar 14,21%, sikap kreatif siswa
berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 25%, pemanfaatan internet sebagai
sumber belajar dan sikap kreatif siswa berkontribusi secara bersama-sama
terhadap hasil belajar sebesar 26,11%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa
pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan sikap kreatif siswa merupakan
faktor yang ikut berkontribusi terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMANFAATAN INTERNET
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 19 Jun 2025 04:50
Last Modified: 19 Jun 2025 04:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14295

Actions (login required)

View Item
View Item