Syafni, Dilla (2014) Prokrastinasi Akademik Mahasiswa: Studi Deskriptif terhadap Mahasiswa S1 BK FIP UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DILLA_SYAFNI_17265_4245_2014.pdf [thumbnail of B1_5_DILLA_SYAFNI_17265_4245_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DILLA_SYAFNI_17265_4245_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Mahasiswa sebagai peserta didik di perguruan tinggi diharapkan mampumenyelesaikan dengan baik tugas-tugas yang dituntut oleh dosen. Tugas–tugasyang diselesaikan bukan hanya sekedar selesai dengan seadanya saja tetapihendaknya dapat memenuhi mutu dan kriteria yang diharapkan dan dapatdiselesaikan pada waktu yang ditetapkan. Penelitian ini berawal dari kenyataanyang ada bahwa banyaknya penundaan penyelesaian tugas akademik yangdilakukan oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkandan mendeskripsikan prokrastinasi akademik mahasiswa S1 BK FIP UNPberkenaan dengan (1) tugas menulis, (2) tugas belajar menghadapi ujian, (3) tugasmembaca, (4) tugas administratif, (5) tugas kehadiran dan (6) tugas akademiksecara keseluruhan.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi populasidalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun masuk 2010, 2011 dan 2012 BK FIPUNP yang berjumlah 455 orang. Sedangkan sampel yang terpilih sebanyak 82orang dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulandata dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisisdengan menggunakan teknik analisis statistik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik mahasiswaberkenaan dengan (1) tugas menulis berada pada kategori sedang denganpersentase 39%, (2) tugas belajar menghadapi ujian berada pada kategori sedangdengan persentase 41,5%, (3) tugas membaca berada pada kategori tinggi denganpersentase 36,6%, (4) tugas administratif berada pada kategori sedang denganpersentase 32,9%, (5) tugas kehadiran berada pada kategori sedang denganpersentase 32,9% dan (6) tugas akademik secara keseluruhan berada pada kategorisedang dengan persentase 45,1%.Dengan demikan secara rata-rata prokrastinasi akademik mahasiswa S1 BKFIP UNP berada pada kategori sedang dengan persentase 42,7%. Berdasarkantemuan penelitian ini, disarankan kepada ketua jurusan Bimbingan dan Konselinguntuk dapat membuat seminar atau pelatihan manajemen waktu dalammengerjakan dan menyelesaikan tugas sehingga sehingga menjadi suatu upayapencegahan mahasiswa untuk melakukan prokrastinasi akademik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PROKRASTINASI AKADEMIK, MAHASISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 04:49 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 04:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14286 |