Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Diskusi Tipe Buzz Group dalam Mata Pelajaran IPS (Sejarah) di SMP N 3 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Putriani, Herliza (2013) Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Diskusi Tipe Buzz Group dalam Mata Pelajaran IPS (Sejarah) di SMP N 3 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_HERLIZA_PUTRIANI_05535_1035_2013.pdf] Text
B1_2_HERLIZA_PUTRIANI_05535_1035_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa
terutama pada siswa kelas IX2 IPS (Sejarah) di SMP N 3 Batang Anai.
Pembelajaran IPS (Sejarah) hanya bersifat satu arah yaitu dari guru ke siswa
sehingga kurang memperhatikan aktivitas belajar siswa selama proses
pembelajaran berlangsung, akibatnya mereka kurang memahami materi
pembelajaran. Dengan kata lain pembelajaran lebih fokus pada pencapaian materi
ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS
(sejarah) siswa dengan menerapkan metode diskusi tipe buzz group di SMP N 3
Batang Anai.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari 3 kali
pertemuan. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi berupa ceklis.
Subjek penelitian adalah siswa kelas IX2 IPS (Sejarah) SMP N 3 Batang Anai
Kabupaten Padang Pariaman.
Dari proses penelitian yang penulis lakukan maka temuan dari penelitian
ini pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas siswa belum terlaksana dengan
baik. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya aktivitas siswa dalam membaca buku
teks, mencatat penjelasan teman saat diskusi, mencatat hasil diskusi di buku
catatan,
mencatat jawaban-jawaban teman, mendengar jawaban teman saat
diskusi, bertanya pada guru tentang materi yang kurang di pahami dan menjawab
pertanyaan teman saat diskusi. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan beberapa
perubahan seperti mengganti pemimpin diskusi kelompok kecil, memberikan
motivasi dan evaluasi. Setelah dilakukan perubahan pada siklus II, maka dari 12
deskriptor pada umumnya sudah memiliki kategori baik dan baik sekali.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode diskusi tipe buzz group dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa
dalam mata pelajaran IPS (sejarah) pada kelas IX2 di SMP N 3 Batang Anai
Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CB History of civilization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 19 Jun 2025 04:47
Last Modified: 19 Jun 2025 04:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14274

Actions (login required)

View Item
View Item