Pelaksanaan Pelayanan Air Minum oleh Kantor PDAM Kabupaten Solok (Studi pada masyarakat di nagari Koto Baru Kabupaten Solok)

Rahmi, Mike (2013) Pelaksanaan Pelayanan Air Minum oleh Kantor PDAM Kabupaten Solok (Studi pada masyarakat di nagari Koto Baru Kabupaten Solok). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_MIKE_RAHMI_12948_3505_2013.pdf] Text
B1_5_MIKE_RAHMI_12948_3505_2013.pdf

Download (959kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan dalam pelaksanaan yang diberikan oleh Kantor PDAM Kabupaten Solok kepada pelanggan. Permasalahan yang ditemukan antara lain: air sering mati sehingga mengganggu seluruh aktivitas masyarakat yang menggunakan air bersih, terjadinya kenaikan tarif pada meteran baru, respon dari pihak PDAM agak lamban untuk memperbaiki permasalahan pipa pendistribusian air ke rumah warga, dan kualitas air yang tidak baik, berwarna dan berbau sehingga tidak layak untuk digunakan dan dikonsumsi oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan air minum yang diberikan oleh Kantor PDAM Kabupaten Solok, dan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pelayanan air minum oleh Kantor PDAM Kabupaten Solok. Pelayanan yang disediakan oleh kantor PDAM Kabupaten Solok yaitu: pelayanan pasang baru, pelayanan pembuatan rekening dan pelayanan hubungan langganan. Faktor yang mempengaruhi pelayanan yang diberikan oleh Kantor PDAM Kabupaten Solok yaitu faktor sumber daya manusia, faktor sarana, prasarana dan fasilitas, faktor prosedur yang dilaksanakan, dan faktor jasa yang diberikan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian melalui purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara terstruktur dan studi dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan analisis dengan menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif menurut Lexy J. Moleong (2006:190).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan air minum yang diberikan oleh PDAM Kabupaten Solok belum optimal. Hal ini karena masih ditemukan berbagai permasalahan dalam pemberian pelayanan seperti kualitas sumber daya manusia yang kurang baik, sarana, prasarana dan fasilitas yang masih terbatas dan belum dikelola dengan baik, dan prosedur pelayanan yang diberikan tidak jelas. Akan tetapi biaya pelayanan pada setiap pelayanan yang disediakan sudah sesuai dengan ketentuan biaya dalam prosedur pelayanan yang telah ditetapkan oleh PDAM Kabupaten Solok.
i

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 19 Jun 2025 02:44
Last Modified: 19 Jun 2025 02:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14272

Actions (login required)

View Item
View Item