Pengaruh Penerapan LKS Berbasis Genius Learning Strategy Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Enam Lingkung

Yolanda, Mike Mulizia (2012) Pengaruh Penerapan LKS Berbasis Genius Learning Strategy Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Enam Lingkung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_MIKE MULIZIA YOLANDA_86287_2012.pdf] Text
B1_5_MIKE MULIZIA YOLANDA_86287_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Sains mampu membangun keaktifan, kreativitas dan kemandirian siswa terutama pembelajaran Fisika. Siswa dilatih untuk membangun pemahamannya sendiri tanpa bergantung kepada guru. Peranan guru adalah sebagai motivator dan fasilitator dalam proses membelajarkan siswanya. Siswa tertantang dan cenderung berpartisipati aktif menemukan, mendalami sendiri, dan berdiskusi dengan teman materi pelajaran akan lebih lama diingat. Kenyataan yang terjadi adalah siswa kurang aktif, sedikit beriteraksi dengan siswa lain, maupun guru kurang memanfaatkan sumber belajar dan lain-lain. Keadaan siswa ini menyebabkan hasil belajar yang diperoleh masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keaktifan dan interaksi siswa adalah menggunakkan LKS yang berbasis Genius Learning Strategy. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan LKS berbasis Genius Learning Strategy terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas X SMAN 1 Enam Lingkung pada ranah kognitif dan afektif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas X SMAN 1 Enam Lingkung yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Kelas sampel ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Alat pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif dan observasi untuk ranah afektif. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif dan ranah afektif. Dari analisis data dapat dikemukakan dua hasil penelitian ini. Pertama, nilai rata-rata siswa menggunakan LKS Berbasis Genius Learning Strategy pada ranah kognitif 79,51 dan pada ranah afektif 71,80. Kedua, penggunaan LKS Berbasis Genius Learning Strategy memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar Fisika siswa baik pada ranah kognitif maupun pada ranah afektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 19 Jun 2025 02:44
Last Modified: 19 Jun 2025 02:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14271

Actions (login required)

View Item
View Item