Herman, Herman (2015) Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat 1-10 bagi Anak Tunagrahita Ringan melalui Media Tangga Bilangan: Single Subject Research Kelas IV di SLB Fan-Redha Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_HERMAN_95932_3920_2015.pdf [thumbnail of B1_2_HERMAN_95932_3920_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_HERMAN_95932_3920_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang penulis temukan
pada seorang anak tunagrahita ringan yang duduk di kelas IV C SLB Fan-Redha
Padang. Anak tersebut mengalami masalah dalam penjumlahan, Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan bulat 1-10
melalui media tangga bilangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research, dengan
disain A-B dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik.
Subjek penelitian adalah anak tunagrahita ringan kelas IV. Variabelnya diukur
dengan menggunakan persentase.
Pengamatan dilakukan dengan dua sesi yang dimulai dari sesi baseline (A)
yang dilakukan sebanyak enam kali pengamatan pada hari yang berbeda. Sesi
kedua yaitu intervensi (B) pengamatan dilakukan sebanyak delapan kali
pengamatan pada hari yang berbeda.
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, media tangga bilangan dapat
meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan bulat 1-10 pada anak
Tunagrahita ringan di SLB fan-redha padang. Terkait dengan hasil kesimpulan di
atas peneliti menyarankan sebaiknya guru dapat menggunakan media tangga
bilangan untuk meningkatkan pemahaman dan penjumlahan pada anak
tunagrahita ringan pada mata pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 04:47 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 04:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14270 |