Pengaruh Penerapan Pembelajaran Aktif Question Student Have dalam Meningkatkan Hasil Belajar KKPI Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Padang

Mulya, Rahmadhani (2012) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Aktif Question Student Have dalam Meningkatkan Hasil Belajar KKPI Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RAHMADHANI_MULYA_02843_2593_2012.pdf] Text
B1_5_RAHMADHANI_MULYA_02843_2593_2012.pdf

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan di sekolah yaitu di SMK Negeri 3 Padang, masih banyaknya siswa kelas X yang memperoleh hasil belajar di bawah Standar Kriteria Minimum (KKM) pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 75 dengan rentangan 0 - 100. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi kelas X SMK Negeri 3 Padang pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 3 Padang TP. 2011/2012 dan teknik dalam penentuan sampel adalah purposive sampling. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Data dianalisis secara manual dengan uji normalitas sebaran data, uji homogenitas varians dan uji hipotesis. Dari hasil tes penelitian didapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan Pembelajaran Aktif Question Student Have yaitu 82,12 sementara siswa yang menggunakan Pengajaran Langsung yaitu 78,6. Hasil uji hipotesis didapati bahwa berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung (1,862) > t tabel (1,683). Dengan demikian hipotesis diterima pada taraf kepercayaan 95%. sehingga dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran aktif Question Student Have dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari pada strategi pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE, HASIL BELAJAR KKPI
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 19 Jun 2025 02:33
Last Modified: 19 Jun 2025 02:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14258

Actions (login required)

View Item
View Item