Astarini, Dilla (2012) Hubungan Antara Persepsi Siswa tentang Karakteristik Kepribadian Guru BK dengan Minat untuk Mengikuti Layanan Konseling Perorangan di SMA Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DILLA_ASTARINI_00057_6397_2012.pdf [thumbnail of B1_5_DILLA_ASTARINI_00057_6397_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DILLA_ASTARINI_00057_6397_2012.pdf
Download (193kB)
Abstract
Dalam membantu mengatasi permasalahan siswa melalui layanan konselingperorangan, karakteristik kepribadian guru BK berperan penting. Kepribadian guruBK merupakan hal yang penting dari pelaksanaan dalam layanan konselingperorangan. Adanya kepribadian yang baik dari guru BK, maka siswa akanberpersepsi positif tehadap guru BK sehingga siswa berminat mengikuti konselingperorangan. Sebaliknya, jika kepribadian guru BK kurang baik, maka siswa akanberpersepsi negatif terhadap guru BK sehingga siswa tidak berminat mengikutikonseling perorangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsisiswa tentang karakteristik kepribadian guru BK, mendeskripsikan minat siswa untukmengikuti layanan konseling perorangan dan menguji hubungan persepsi siswatentang karakteristik kepribadian guru BK dengan minatnya untuk mengikuti layanankonseling perorangan di SMA Negeri 1 Padang.Metodologi penelitian ini adalah kuantitatif jenis deskriptif korelasional,instrumen penelitian adalah angket, populasi penelitian berjumlah 464 siswa yangterdaftar pada tahun ajaran 2011/2012 dengan sampel penelitian 146 siswa. Datadianalisis dengan menggunakan teknik persentase untuk mendeskripsikan persepsisiswa tentang karakteristik kepribadian guru BK dan minat siswa untuk mengikutilayanan konseling perorangan. Untuk menguji hubungan persepsi siswa tentangkarakteristik kepribadian guru BK dengan minat siswa mengikuti layanan konselingperorangan digunakan teknik Pearson Product Moment Correlation melalui programstatistik SPSS for windows release 16.Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) 86,7% siswa sudah memilikipersepsi yang baik tentang karakteristik kepribadian guru BK, (2) 53,1% siswaberminat mengikuti layanan konseling perorangan, dan (3) terdapat hubungan yangsignifikan antara persepsi siswa tentang karakteristik kepribadian guru BK denganminat siswa mengikuti layanan konseling perorangan di SMA Negeri 1 Padangdengan r hitung sebesar 0,371, dan r tabel sebesar 0,162 pada taraf signifikansi 0,05.Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada guru BK untuk menyadari bahwakualitas kepribadian memiliki kaitan dengan minat siswa untuk mengikuti layanankonseling perorangan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN, GURU BK |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 02:33 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 02:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14257 |