Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Handout terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 7 Padang

Siregar, Rahmad Wasi (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Handout terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RAHMAD_WASI_SIREGAR_84110_593_2013.pdf] Text
B1_5_RAHMAD_WASI_SIREGAR_84110_593_2013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar fisika diprediksi disebabkan oleh faktor motivasi belajar siswa rendah dan kurangnya keterlibatan, komunikasi, dan kerja sama antar siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah penerapan berbagai model pembelajaran. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan handout. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Had Together (NHT) berbantuan handout terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah ”Quasi experimental” dengan rancangan penelitian ”randomized control group only design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 7 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan dua tahap. Pertama, adalah melalui “Purposive sampling”. Setelah itu, diikuti dengan teknik “Cluster Random sampling” sehingga terpilih dua kelas sampel, yaitu kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif dan observasi untuk ranah afektif. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji kesamaan dua rata-rata untuk ranah kognitif, sedangkan ranah afektif menggunakan uji-U secara uji dua pihak. Berdasarkan data hasil penelitian, diperoleh data pada ranah kognitif dan afektif. Pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 83,75 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 69,14. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 6,32 dan ttabel = 2,00 pada taraf nyata 0,05 dan dk = 65, berarti thitung berada di luar daerah penerimaan Ho, maka Hi diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan handout terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 7 Padang pada ranah kognitif. Pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 75,56 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 60,51. Hasil analisis uji-U, diperoleh Zhitung = -6,14 pada taraf nyata 0,05 dan diperoleh dari daftar normal baku z dengan peluang ½(1-α), yaitu Z0,475=1,96 dan terima jika Zhitung terletak di antara -1,96 dan 1,96, berarti harga Zhitung = -6,14 berada di luar daerah penerimaan Ho, maka Hi diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan handout terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 7 Padang pada ranah afektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER, HASIL BELAJAR FISIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 19 Jun 2025 02:05
Last Modified: 19 Jun 2025 02:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14256

Actions (login required)

View Item
View Item