Speech Acts Analysis on Advertisements in Bazaar Magazine

Oktaviani, Rini (2012) Speech Acts Analysis on Advertisements in Bazaar Magazine. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_RINI_OKTAVIANI_86819_3396_2012.pdf] Text
B1_4_RINI_OKTAVIANI_86819_3396_2012.pdf

Download (502kB)

Abstract

Dalam berkomunikasi pembicara tidak hanya menggunakan bahasa unuk menyampaikan maksudnya, tetapi juga menghadirkan tindak-tindak dibalik tuturan mereka tersebut, contohnya, sebuah permintaan mengespresikan permohonan maaf menyampaikan tindakpenyeselan. Tindak-tindak yang
dihadirkan ini dalam ilmu pragmatics dikenal sebagai tindak tutur (speech acts). sekarang, tindak tutur tidak hanya digunakan dalam komunikasi sehari-hari, tetapi juga diaplikasikan didalam bahasa periklanan. Metode yang digunakan dalam makalah ini adalah metode deskriptif
dengan objek penelitian adalah tindak tutur dalam majalah Bazaar. Agar lebih spesifik lagi, maka makalah ini difokuskan padatipe-tipe tindak tutur dalam
periklanan didalam majalah Bazaar. Data yang terkumpul berjumlah 30 iklan yang diambil dalam 5 edisi majalah yang berbeda. Tujuan dari makalah ini untuk menemukan tipe-tipe tindak tutur apa saja yang diaplikasikan dalam pemuatan
iklan majalah tersebut. Untuk menemukan hasilnya, iklan-iklan dianalisa dengan menggunakan teori Yule (1996).
Berdasarkan analisa diatas dari lima macam tipe speech acts yang dikemukakan oleh Yule (1996) ditemukan kelima macam tipe tersebut. Mereka adalah directive, representative, declarative, commisive dan expressive.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 19 Jun 2025 02:05
Last Modified: 19 Jun 2025 02:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14252

Actions (login required)

View Item
View Item