Rahmad, Rahmad (2013) Pengaruh Pembuatan Peta Konsep oleh Siswa pada Model Pembelajaran Generatif terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 2 Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RAHMAD_84109_993_2013.pdf [thumbnail of B1_5_RAHMAD_84109_993_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RAHMAD_84109_993_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pencapaian kompetensi siswa belum mencapai KKM. Penyebabnya adalah kesulitan siswa dalam memahami konsep atau materi yang diberikan guru Masalah lainnya yang muncul adalah interaksi antara siswa dan guru masih kurang. Siswa lebih cenderung pasif dalam proses pembelajaran, terlihat dari kurangnya respon yang diberikan siswa terhadap pertanyaaan dan penjelasan guru, serta kurangnya pemusatan perhatian pada saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembuatan peta konsep oleh siswa pada model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 2 Lubuk Sikaping. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Lubuk Sikaping yang terdaftar pada semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling dan terpilih kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian pada ranah kognitif adalah tes hasil belajar dan ranah afektif adalah lembar observasi. Teknik analisis data pada ranah kognitif menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan afektif untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Untuk ranah kognitif rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 69,16 dan kelas kontrol adalah 68,49. Rata-rata hasil belajar siswa pada ranah afektif pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata di kelas kontrol. Nilai rata–rata pada ranah afektif kelas eksperimen adalah 73,32 dan kelas kontrol adalah 67,18. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t pada ranah kognitif, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembuatan Peta Konsep oleh siswa pada Model Pembelajaran Generatif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 2 Lubuk Sikaping.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PETA KONSEP, MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 01:46 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 01:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14251 |