Salsabila Z, Fitriane (2022) Pembuatan Modul Mobile learning Berbasis Android Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Materi Fisika SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_FITRIANE_SALSABILA_Z_17033093_1446_2022.pdf [thumbnail of B1_5_FITRIANE_SALSABILA_Z_17033093_1446_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_FITRIANE_SALSABILA_Z_17033093_1446_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan teknologi berdampak pada dunia Pendidikan. Terutama
sejak covid-19 yang melanda Indonesia, diketahui pembalajaran langsung dialihkan
ke pembelajaran daring, berdasarkan observasi di SMAN 2 Pariaman, media
pembelajaran yang digunakan terlalu monoton dan tidak melibatkan peserta didik
secara aktif dalam membangun pengetahuannya. Solusi dari masalah ini pembuatan
modul mobile learning berbasis android menggunakan model inkuiri terbimbing
untuk materi fisika SMA/MA. Tujuan penelitian ini menghasilkan modul mobile
learning berbasis android menggunakan model inkuiri terbimbing untuk materi
fisika SMA/MA yang valid.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D).
Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu four D model (model 4D) yang
dikembangkan oleh Thiagrajan. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap develop,
sehingga hanya melalui 3 tahapan yaitu define, design dan develop. Teknik analisis
data yang digunakan adalah statistic deskriptif kuantitatif dan analisis data
kualitatif.
Data yang didapatkan dari penelitian ini berasal dari uji validitas melalui
lembar validasi. Berdasarkan hasil validasi oleh tenaga ahli dengan menggunakan
rumus aiken’s V didapat nilai rata-rata validasi total pada semua aspek sebesar 0,7
dengan kategori tinggi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan modul mobile
learning berbasis android menggunakan model inkuiri terbimbing telah sesuai
dengan kurikulum yang digunakan dan layak digunakan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODUL MOBILE LEARNING |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 09:58 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 09:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14237 |