Pengaruh Informasi dan Politik Internal Organisai Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik Pada Sektor Pendidikan di Kabupaten Pasaman Barat

Marza, Metrizal (2014) Pengaruh Informasi dan Politik Internal Organisai Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik Pada Sektor Pendidikan di Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_METRIZAL_MARZA_18527_2877_2014.pdf] Text
B1_5_METRIZAL_MARZA_18527_2877_2014.pdf

Download (693kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapatnya berbagai tuntutan
terhadap pelayanan publik sebagai tanda ketidakpuasaan masyarakat sehari-hari.
Kabupaten Pasaman Barat harus mampu meningkatkan informasi yang akurat dan
mengurangi politik internal organisasi dalam pelayanan pendidikan, karena saat
ini masih ditemukan rasa ketidakpuasan dari masyarakat, diantaranya: rasa belum
puas dalam hal informasi yang terlambat pada waktunya, pilih kasih dalam
kemudahan pelayanan.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh informasi dan politik internal organisasiterhadap tingkat kepuasan
masyarakat dalam pelayanan publik pada sektor pendidikan di Kabupaten
Pasaman Barat.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini juga berjenis
kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga di
Kabupaten Pasaman Barat, yaitu 87.881 kepala keluarga. Pengambilan sampel
menggunakan rumus Slovin dan teknik analisis Propotional Stratified Random
Sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 1097 kepala keluarga. Jenis data
adalah data primer melalui penyebaran angket dan data sekunder yang
dikumpulkan melalui observasi dan informasi dari instasi tersebut. Data yang
terkumpul tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi
berganda dengan bantuan program SPSS (statistic product service solution) versi
16.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi dan politik internal
organisasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat
dilihat dari kepuasan masyarakat sebesar 13,2%. Sedangkan jika dilihat pengaruh
variabel bebas terhadap variabel terikat secara sendiri-sendiri, maka informasi
berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat dilihat dari pandangan masyarakat
sebesar 13,2%, politik internal organisasi berpengaruh terhadap kepuasan
masyarakat dilihat dari pandangan masyarakat sebesar 1,8%. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa informasi dan politik internal
organisasi berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat dalam pelayanan
pendidikan di Kabupaten Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 18 Jun 2025 09:58
Last Modified: 18 Jun 2025 09:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14236

Actions (login required)

View Item
View Item