Silvia, Meri (2013) Pengaruh Penggunaan LKS Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI Semester 2 SMAN 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_MERI_SILVIA_96908_3150_2013.pdf [thumbnail of B1_5_MERI_SILVIA_96908_3150_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_MERI_SILVIA_96908_3150_2013.pdf
Download (643kB)
Abstract
Hasil belajar fisika siswa belum menunjukkan hasil yang optimal. LKS yang
digunakan sekolah belum melibatkan siswa berpatisipasi secara aktif dalam
melakukan praktikum, mulai tahap pengalaman kongkrit hingga siswa dapat
menarik kesimpulan dari praktikum yang dilakukan. LKS yang dapat
meningkatkan hasil belajar fisika siswa adalah LKS model pembelajaran berbasis
pengalaman. Oleh sebab itu, peneliti menyusun LKS yang terdapat sintak-sintak
model pembelajaran berbasis pengalaman menurut Kolb. Untuk itu dilakukan
penelitian yang bertujuan melihat pengaruh penggunaan LKS model pembelajaran
berbasis pengalaman terhadap pencapaian hasil belajar fisika siswa kelas XI
semester 2 SMAN 7 Padang.
Populasi penelitian eksperimen semu dengan rancangan Randomized
Control Group Only Design adalah semua kelas XI IPA SMAN 7 Padang yang
terdaftar pada Tahun Ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian berupa tes akhir untuk hasil
belajar ranah kognitif, format observasi untuk hasil belajar ranah afektif, dan
rubrik penskoran untuk hasil belajar ranah psikomotor. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti
penggunaan LKS model pembelajaran berbasis pengalaman terhadap pencapaian
hasil belajar fisika siswa kelas XI semester 2 SMAN 7 Padang secara kuantitatif
pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 09:57 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 09:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14226 |