Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Accelerated Learning pada Materi Usaha, Pesawat Sederhana, Struktur dan Fungsi Tumbuhan Untuk Peserta Didik SMP Kelas VIII

Yashinta, Mentari (2019) Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Accelerated Learning pada Materi Usaha, Pesawat Sederhana, Struktur dan Fungsi Tumbuhan Untuk Peserta Didik SMP Kelas VIII. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_MENTARI_YASHINTA_1201415_3485_2019.pdf] Text
B1_5_MENTARI_YASHINTA_1201415_3485_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan LKPD disekolah belum membuat peserta didik aktif dalam
pembelajaran. Hal ini disebabkan LKPD belum memuat langkah-langkah kegiatan
yang menuntun peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran.. Upaya untuk
membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran adalah dengan mennggunakan
LKPD berbasis Accelerated Learning. Peneltian ini bertujuan untuk menghasilkan
LKPD berbasis Accelerated Learning pada materi usaha, pesawat sederhana.
Penelitian ini merupakan penelitian mix-method yang merupakan gabungan
dari pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini yang bertujuan untuk
menentukan validitas lembar kerja peserta didik sesuai dengan langkahlangkah
pembuatan lembar kerja perserta didik menurut Depdiknas (2008).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kevalidan LKPD yang telah
dibuat secara sistematis dan tepat.Validasi dinilai oleh tiga dosen Fisika UNP,
satu orang dosen IPA UNP dan satu guru IPA SMPN 12 Padang. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen validitas dan teknik analisis
data yang digunakan adalah teknik analisis validitas produk.
Hasil penelitian adalah LKPD memenuhi kriteria sangat valid. Berdasarkan
penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan dua hasil penelitian. Pertama,
penelitian ini menghasilkan produk Lembar kerja peserta didik berbasis
accelerated learning . Dan hasil penelitian kedua adalah hasil uji validitas yang
dilakukan dua kali, dengan rata-rata nilai validitas pertama adalah 83 dengan
kriteria sangat valid dan rata-rata nilai validitas kedua adalah 87 dengan kriteria
sangat valid. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini Lembar kerja peserta didik
berbasis accelerated learning sangat layak digunakan dalam pembelajaran pada
materi usaha dan pesawat sederhana serta struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Acceleraeted Learning, Validasi
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 18 Jun 2025 08:02
Last Modified: 18 Jun 2025 08:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14224

Actions (login required)

View Item
View Item