Harahap, Dian Indah Aulia (2020) Pembuatan Modul Fisika Berbasis Pendekatan SETS pada Materi Pemanasan Global dengan Konsep Zerowaste Lifestyle: Pola Hidup Minim Sampah untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DIAN_INDAH_ AULIA H_15033002_605_2020.pdf [thumbnail of B1_5_DIAN_INDAH_ AULIA H_15033002_605_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DIAN_INDAH_ AULIA H_15033002_605_2020.pdf
Download (5MB)
Abstract
Perkembangan teknologi menyebabkan terjadinya perubahan padakepribadian dan kebiasaan masyarakat. Perkembangan teknologi akanmempengaruhi dunia pendidikan dari sisi kelembagaan, materi, guru, metode,sarana prasarana dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadi tantangan yang harusdijawab oleh dunia pendidikan. Dalam Kurikulum 2013, pembelajaran adalahproses belajar interaktif dimana peserta didik tidak hanya berinteraksi denganpendidik tapi juga dengan sumber belajar, sarana prasarana berupa teknologi, danlingkungan. Sebagaimana orientasi pengembangan kurikulum 2013 dimanapembelajaran dituntut mampu menyeimbangkan tiga kompetensi peserta didikdiantaranya kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan, di samping carabelajar yang holistik dan menyenangkan. Berdasarkan analisis penulis pada bukufisika yang digunakan disekolah terlihat bahwa konsep yang disajikan masihcenderung pada aspek kompetensi pengetahuan saja, sedikit ditemukan perpaduanmateri sains, teknologi, lingkungan hidup, dan masyarakat yang dihubungkandengan materi pemanasan global yang seharusnya mampu meningkatkankompetensi sikap dan keterampilan siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Modul Fisika berbasisPendekatan “science environment technology and society”(SETS) yangdiharapkan mampu memperbaiki sikap dan keterampilan siswa, serta mampumengubah cara pandang dan perilaku siswa dalam pengelolaan lingkungan. Jenispenelitian iniadalah“Research&Development” (R&D) dengan menggunakanmodel Plomp. Penilaiankevalidan moduldiperoleh dari 3 dosen Fisika FMIPAUNP sebagai tenaga ahli, serta nilai kepraktisan one to one dan smallgroupdiperoleh dari siswa kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang. Instrumenpengumpulan data menggunakan lembar uji validitas dan uji praktikalitas. Teknikanalisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif.Berdasarkan analisis datapenelitian, maka diperoleh hasil berupa ModulFisika berbasis pendekatan SETS dengan konsep zerowaste lifestyleyang memilikinilai rata-rata 91,52 dengan kategori tingkat kevalidan yang sangat valid.Kemudian, dari segi penggunaan memilikinilai rata-rata kepraktisan pada tahapone to one 77,19 dengan kategori cukup praktis. Sedangkan nilai rata-rata yangdiperoleh pada komponen penilaian kepraktisansmall group adalah 81,87 dengankategori praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Modul Fisika berbasis pendekatanSETS dengan konsep zerowaste lifestyke pada materi pemanasan global adalahvalid, dan praktis digunakan sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa kelas XISMA.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENDEKATAN SETS, ZEROWASTE LIFESTYLE |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LD Individual institutions (United States) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 05:17 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 05:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14205 |