Rani, Rike Emdes (2013) Pola Perilaku Belajar Mahasiswa yang Bekerja: Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_RIKE_EMDES_RANI_00470_3037_2013.pdf [thumbnail of B1_4_RIKE_EMDES_RANI_00470_3037_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_RIKE_EMDES_RANI_00470_3037_2013.pdf
Download (328kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis untuk melihat pola perilaku belajar mahasiswa FIS UNP yang bekerja. Tugas dari seorang mahasiswa adalah belajar, tetapi kenyataannya ada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja.
Sesuai dengan hal tersebut seharusnya mahasiswa belajar saja. Prestasi akademik yang diperoleh mahasiswa tetap tinggi walaupun tugas mahasiswa menjadi dua, yaitu belajar dan bekerja. Pola perilaku belajar mahasiswa dilakukan untuk
menjaga dan tetap meningkatkan prestasi belajar. Mahasiswa memiliki pola tertentu untuk menjaga dan tetap meningkatkan prestasi belajar. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin mengetahui dan mengungkapkan bagaimana pola perilaku
belajar mahasiswa FIS UNP yang bekerja. Penelitian ini berlandaskan pada teori pilihan rasional yang dikemukakan
oleh James S. Coleman. Coleman menjelaskan bahwa tindakan perseorangan mengarah kepada sesuatu tujuan dan tujuan itu (dan juga tindakan) ditentukan oleh nilai atau pilihan (preferensi). Tindakan yang dipilih oleh mahasiswa adalah
yang dapat memaksimalkan kegunaan atau yang memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka. Ada dua unsur utama dalam teori Coleman, yakni aktor dan sumber daya. Aktor dalam penelitian ini adalah mahasiswa, sedangkan sumber
daya adalah pola perilaku belajar. Pola perilaku belajar sebagai sumber daya mampu menarik perhatian mahasiswa yang bekerja dan dapat dikontrol sesuai pilihan rasionalnya. Pilihan tersebut berkaitan dengan hasil nilai yang memuaskan
untuk melanjutkan studinya. Jadi pola perilaku belajar yang mereka lakukan adalah pilihan rasional menurut dirinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Teknik pemilihan informan dengan teknik purposive sampling.Jumlah informan secara keseluruhan adalah 25 orang. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Langkahlangkahnya yaitu mereduksi data, mendisplay data dan penarikan kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pola perilaku belajar mahasiswa yang bekerja sebagai berikut: (1) belajar di kampus, yang meliputi: (a) datang tepat waktu, menghindari duduk di belakang, (c) mendengar dan mencatat point-point dan (d) sumber belajar, (2) belajar di kos dan (3) belajar di tempat
kerja.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 05:17 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 05:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14202 |